Kapan SIKM Aktif Lagi? Dishub DKI Jakarta: Tunggu Regulasi Kemenhub

Komaruddin Bagja Arjawinangun · Kamis, 08 April 2021 - 09:55:00 WIB
Kapan SIKM Aktif Lagi? Dishub DKI Jakarta: Tunggu Regulasi Kemenhub
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan pihaknya menunggu regulasi Kemenhub terkait penerapan kembali SIKM. (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Wacana mengaktifkan kembali Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) wilayah DKI Jakarta muncul setelah pemerintah pusat melarang kegiatan mudik di Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021 Masehi. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyatakan masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan pihaknya belum bisa menjelaskan bagaimana mekanismenya jika SIKM kembali diterapkan sebagai syarat perjalanan.

"Terkait dengan larangan mudik tanggal 6-17 Mei 2021 memang kami masih menunggu regulasi lebih lanjut dari kementerian perhubungan," ujar Syafrin di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Syafrin menegaskan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mendukung penuh kebijakan larangan mudik. Menurutnya secara keseluruhan mekanisme penutupan jalan dilakukan oleh kepolisian.

"Pemprov DKI Jakarta akan dukung penuh untuk itu," ucapnya.

Dia menuturkan di internal Pemprov DKI Jakarta belum ada pembahasan mengenai SIKM. Terkait penerapannya, Syafrin juga belum bisa memastikan apakah sama seperti tahun lalu.

"Kami belum membahas SIKM, jadi tidak ada pembahasan SIKM, karena pelaksanaannya itu sepenuhnya dilakukan dilaksanakan untuk penyekatan oleh kepolisian dan dibantu oleh unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan TNI," tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama