Kapolda Metro Jaya: Situasi Ibu Kota Kondusif

Aditya Pratama · Jumat, 24 Mei 2019 - 15:47 WIB
Kapolda Metro Jaya: Situasi Ibu Kota Kondusif

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, memantau langsung situasi di depan Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, memastikan situasi Jakarta hari ini kondusif. Setidaknya itu terpantau di beberapa objek vital seperti Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ya, alhamdulillah kondusif ya. Kita beserta seluruh warga Ibu Kota Jakarta juga jaga kondusivitas dari kemarin, hari ini, dan selanjutnya,” ucap Gatot di depan Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).

Terkait dengan aksi pengerahan massa, Gatot mengatakan bahwa masyarakat memang diperbolehkan untuk menyampaikan aspirasi di tempat umum. Akan tetapi, semuanya harus tetap sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kita harapkan demikian, unjuk rasa itu boleh saja itu kan diatur oleh undang-undang. Tapi unjuk rasa yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bukan unjuk rasa yang bebas sebebas-bebasnya,” ujarnya.

Dia mengatakan, di setiap aksi massa juga terdapat batasan-batasan yang harus diperhatikan, antara lain menjaga keamanan, ketertiban, serta menghormati hak sesama manusia. “Dan yang paling penting adalah menjaga kesatuan dan persatuan bangsa ini kalau kemanan terganggu kemudian mereka anarkis apalagi mengganggu kesatuan persatuan bangsa ya kita tindak tegas mereka,” kata Gatot.


Editor : Ahmad Islamy Jamil