Kasus Positif Covid-19 di Bogor Capai 2.136 Orang, Ridwan Kamil: Kiai Jangan Segan Lapor

Haryudi ยท Jumat, 09 Oktober 2020 - 11:54 WIB
Kasus Positif Covid-19 di Bogor Capai 2.136 Orang, Ridwan Kamil: Kiai Jangan Segan Lapor

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengecek logistik bansos Covid-19 di Kantor Sentral Pengolahan Pos (SPP) Bandung. Foto: (Dok. Humas Pemprov Jabar)

BOGOR, iNews.id - Kasus positif Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bogor mencapai mencapai 2.136 orang. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta para pengelola pesantren untuk melapor jika ada kasus.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, menyebut pesantren merupakan lokasi yang rawan. Dia meminta tidak ada yang menyembunyikan kasus.

"Jika terjadi gejala Covid-19, diharapkan para kyai dan pimpinan ponpes untuk tidak segan melapor kepada Gugus Tugas setempat," ucapnya, Jumat (9/10/2020).

Dia pun mengingatkan, pengelola ponpes untuk terus memperketat penerapan protokol kesehatan 3M di lingkungan ponpes. "Lakukan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," katanya.

Emil menambahkan, kewaspadaan serta upaya proaktif ponpes dalam hal pengetesan serta koordinasi dengan Gugus Tugas maupun pihak terkait, akan menjadi kunci dalam keberhasilan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan ponpes.

"Saya harapkan seluruh ponpes memperketat protokol kesehatan baik oleh para santri maupun ajengan (kyai) di kompleks pesantrennya masing - masing. Ponpes harus terus selalu melakukan pola hidup bersih dan sehat,"katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq