Kebakaran Ruko di Pulogadung, Evakuasi Penghuni yang Terjebak Dramatis

Rio Manik ยท Selasa, 22 Januari 2019 - 13:10 WIB
Kebakaran Ruko di Pulogadung, Evakuasi Penghuni yang Terjebak Dramatis

Petugas mengevakuasi warga yang terjebak dalam kebakaran di Pulogadung. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id – Rumah Toko (Ruko) di Pasar Enjo, Pisangan Timur, Pulogadung, terbakar, Selasa (22/1/2019). Sedikitnya 12 mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk memadamkan api.

Dalam peristiwa itu, tiga orang penghuni ruko sempat terjebak di dalam bangunan. Proses evakuasi ketiganya pun berlangsung dramatis.

Petugas pemadam yang tiba di lokasi langsung berusaha masuk ke ruko lewat jendela lantai I. Namun upaya itu sempat terkendalan karena jendela dipasang teralis besi.

Petugas terpaksa merusak jendela dengan cara memotong besi teralis. Setelah berhasil, petugas menyisir ke dalam bangunan ruko sambil memadamkan api.

Tiga penghuni, yakni seorang perempuan, lanjut usia, dan remaja berhasil ditemukan di kamar dalam kondisi pingsan. Petugas kemudian mengevakuasi lewat jendela lantai I dan langsung melarikan ke rumah sakit terdekat.

“Ada tiga korban masih di dalam, di lantai 1 mereka bersembunyi, mereka terpapar asap, tidak ada oksigen. Alhamdulillah dalam kurun waktu 10 menit kami evakuasi mereka masih bertahan. Kita evakuasi dalam kondisi pingsan,” kata Kasi Ops Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman di lokasi, Selasa (22/1/2019).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sekitar 47 menit, petugas dapat memadamkan api. Dugaan sementara berasal dari hubungan arus pendek listrik yang langsung merambat ke bagian dalam toko.  

“Kita dapat kabar pukul 08.50 WIB, sepuluh menit sudah tiba di lokasi. Pengerahan 12 unit, selesai pemadaman pukul 09.47 WIB,” ujar Gatot.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto