Libatkan BUMD, Pemprov DKI Rancang Wisata Halal di Ibu Kota

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 27 November 2019 - 23:36:00 WIB
Libatkan BUMD, Pemprov DKI Rancang Wisata Halal di Ibu Kota
Bank DKI siap mendukung destinasi wisata halal di Ibu Kota dengan produk dan layanan keuangan berskema syariah melalui Unit Usaha Syariah (ilustrasi). (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.idPemprov DKI Jakarta terus berupaya mewujudkan destinasi wisata halal di Ibu Kota. Dalam sektor keuangan badan usaha milik daerah (BUMD), Bank DKI siap mendukung rencana itu dengan produk dan layanan keuangan berskema syariah melalui Unit Usaha Syariah (UUS).

“Semakin banyak pihak yang terlibat, akan semakin cepat perkembangan pariwisata halal Jakarta,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Alberto Ali, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Dia menuturkan, Pemprov DKI pada 2020 menargetkan 1 juta wisatawan mengunjungi Kota Jakarta. Salah satu faktor yang harus dipenuhi untuk mewujudkan itu menurut dia adalah seluruh restoran dan hotel sudah tersertifikasi halal.

“Jadi, semakin banyak UKM dan restoran yang memiliki sertifikasi halal, semakin banyak wisatawan muslim. Kami targetkan wisatawan muslim 1 juta di 2020, dengan catatan restoran dan hotel sudah bersertifikasi halal,” ujarnya.

Sementara, Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah, Babay Parid Wazdi mengatakan, UUS Bank DKI memiliki berbagai produk dan layanan perbankan dengan skema syariah untuk mendukung berbagai keperluan perbankan dari pelaku industri pariwisata halal seperti JakQR, JakOne Mobile, dan JakCard

“UUS Bank DKI memiliki berbagai produk mulai dari berbagai dana pihak ketiga ataupun pembiayaan untuk keperluan modal kerja ataupun pengembangan usaha” ujar Babay di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Sejumlah langkah telah dilakukan UUS Bank DKI untuk mendukung destinasi halal, termasuk menandatangani kesepahaman dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama tentang jaminan produk halal dan pengembangan kelembagaan. Babay menyebutkan, pihaknya siap membantu proses sertifikasi halal dan mendukung sistem pembayaran.

“UUS Bank DKI pun telah menyediakan produk dan layanan perbankan kepada berbagai komponen industri halal, termasuk tour & travel yang menyediakan pariwisata halal,” katanya

Di sektor keuangan syariah, pihaknya pun telah memberikan penyaluran kredit dalam bentuk pembiayaan modal kerja linkage kepada berbagai pihak seperti koperasi syariah, bank perkreditan rakyat (BPR) syariah (BPRS), pegadaian syariah, multifinance syariah, UMKM, dan para pemasok BUMD DKI Jakarta.

“Mengingat jumlah muslim yang dominan di Indonesia dan semakin tingginya kesadaran gaya hidup halal pada umat muslim menjadi peluang bisnis menjanjikan karena lebih memilih produk halal di pangan, keuangan, pariwisata, fashion, pendidikan, pelayanan medis, hingga kesenian & budaya,” tuturnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil