Libatkan TNI dan Polri, Skema Pengamanan Debat Perdana Pilpres 4 Ring

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 16 Januari 2019 - 17:45 WIB
Libatkan TNI dan Polri, Skema Pengamanan Debat Perdana Pilpres 4 Ring

Ilustrasi pengamanan (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA, iNews.id – Sebanyak 2.000 personel TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan debat capres dan cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019) besok. Skema pengamanan akan dilakukan empat lapis (ring).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menuturkan, ribuan petugas keamanan yang diterjunkan untuk menjaga kondusivitas jalannya debat. Petugas akan menseterilkan lokasi sebelum debat berlangsung pukul 20.00 WIB.

“Total semuanya ada 2.000 personel yang melibatkan TNI dan internal KPU juga,” kata Dedi di Jakarta, Rabu (16/1/2019).

BACA JUGA: Pengamanan Debat Perdana Pilpres, Polda Metro Kerahkan 2.000 Personel

Mabes Polri mengimbau kepada simpatisan kedua pasangan calon untuk menjaga situasi tetap kondusif selama berjalannya debat. Apabila ada yang masih bandel, Dedi mengatakan, TNI dan Polri akan mengambil tindakan tegas terhadap simpatisan yang dinilai mencederai debat.

“Meskipun besok itu debat digelar, namun untuk kondusivitas tetap harus dijaga bersama. Jangan dikotori dengan perbedaan,” ucap dia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pengamanan debat capres akan dilakukan mulai dari jalur yang dilalui capres dan cawapres hingga lokasi debat. Ada empat lapis pengamanan. Ring pertama di ruang debat oleh Paspampres.

“Di luar gedung, artinya di luar ruangan itu ring dua. Pihak Kepolisian dengan TNI berjaga di sana. Ring tiga di luar gedung ada tempat parkir basement. Ring empat di luar lokasi acara debat, ada Lantas, ada Sabhara,” ujar Argo.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto