Mudik Dilarang, Pemkot Bekasi Tak Berlakukan SIKM

Abdullah M Surjaya · Senin, 12 April 2021 - 10:11:00 WIB
Mudik Dilarang, Pemkot Bekasi Tak Berlakukan SIKM
Rahmat Effendi (Foto: Winsu Yusep)

 BEKASI, iNews.id – Berbeda dengan DKI Jakarta yang memberlakukan pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) selama masa larangan mudik 2021, mulai 6 hingga 17 Mei 2021. Pemerintah Kota Bekasi tidak memberlakukan aturan tersebut. 

Alasanya, wilayah Kota Bekasi hanya menjadi lintasan arus kendaraan dari Jakarta menuju Kabupaten Bekasi.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, wilayahnya tidak memberlakukan pemeriksaan SIKM, ataupun penyekatan terkait larangan mudik di wilayahnya. Namun, Kota Bekasi akan memerikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap berada di wilayahnya.”Kalau imbauan larangan mudik pasti kita lakukan, kalau sanksi berupa sanksi sosial,” katanya, Senin (12/4/2021).

Selain itu, kata dia, pemerintah setempat juga tidak mengizinkan pegawainya atau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mudik tanpa alasan mendesak. Surat Edaran (SE) larangan mudik bagi ASN juga dikeluarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) nomor 8 tahun 2021.

Aturan itu menyebutkan bagi ASN untuk tidak mudik atau keluar daerah dengan kepentingan tidak mendesak. Dijabarkan, ASN di lingkungan Kota Bekasi yang berasal dari luar daerah tidak mendominasi. Isi surat edaran tersebut, ASN dikecualikan dengan catatan perjalanan dinas yang bersifat penting dengan surat tugas yang ditandatangani pejabat eselon dua.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2