Ngeri, Jebolnya Tanggul Sungai Citarum Buat Warga Takut Kembali ke Rumah

Abdullah M Surjaya ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 09:31:00 WIB
Ngeri, Jebolnya Tanggul Sungai Citarum Buat Warga Takut Kembali ke Rumah
Sebagian pengungsi banjir akibat jebolnya Sungai Citarum memilih bertahan meski banjir sudah surut, Selasa (23/2/2021). (Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya)

BEKASI, iNews.id - Banjir di Kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang disebabkan jebolnya tanggul Sungai Citarum telah surut hari ini, Selasa (23/2/2021). Saking mengerikannya, peristiwa itu menimbulkan trauma bagi warga yang sebagian masih takut untuk kembali ke rumah.

Saat ini sebagian warga masih ada yang bertahan di posko pengungsian dan sebagian lainnya kembali untuk memeriksa rumahnya. Warga Kampung Pamahan RT 02/03 Desa Sumber Urip, Sartika (50) mengaku trauma dan ketakutan air kembali merendam wilayahnya kembali.

Ibu empat anak ini menceritakan detik-detik mengerikan saat air Sungai Citarum menerjang permukiman warga. Tanggul tersebut mulanya jebol pada Sabtu (20/2/2021) karena tingginya intensitas hujan. Air dengan cepat masuk ke permukiman hingga membuat warga di sana panik.

"Air masuk ke wilayah saya itu pada Minggu (21/2/2021) pukul 01.00 WIB dini hari,” katanya di posko pengungsian, Selasa (23/2/2021).

Kemudian air dengan cepat langsung masuk rumah dengan tinggi sepaha orang dewasa, sementara di jalan sudah sepinggang. Sartika saat itu hanya bisa berdiam diri di rumah, sebab kondisi jalan lingkungan sudah tak memungkin untuk dilintasi. Apalagi, di rumahnya tersebut terdapat anak dan orang tuanya, Sukiah (75) yang sedang sakit.

”Sampai Minggu sore kami sekeluarga hanya berdiam diri di rumah, kondisi listrik sudah mati sejak air masuk,” ucap Sartika.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2