Pemprov DKI Jakarta Hadapi 2 Hambatan untuk Bebaskan Lahan Atasi Banjir

Antara ยท Sabtu, 06 Maret 2021 - 09:56:00 WIB
Pemprov DKI Jakarta Hadapi 2 Hambatan untuk Bebaskan Lahan Atasi Banjir
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan dua hambatan Pemprov DKI Jakarta dalam pembebasan lahan untuk atasi banjir. (Foto Antara)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan pembebasan lahan untuk mengatasi banjir di ibu kota menghadapi sejumlah kendala. Pemprov DKI Jakarta setidaknya menghadapi dua hambatan dalam hal itu.

Yang pertama masih banyak lahan bermasalah dan disengketakan di pengadilan.

"Satu, masalahnya banyak yang bersengketa, masih di pengadilan," kata Ahmad Riza Patria di Jakarta, Jumat (5/3/2021) malam.

Dengan begitu, Pemprov DKI membutuhkan waktu menunggu proses sengketa lahan diselesaikan terlebih dahulu, sebelum melakukan pembebasan lahan. Hambatan kedua, lanjut dia, yakni terbatasnya anggaran untuk melakukan pembebasan lahan di wilayah DKI Jakarta.

"Kedua masalah anggarannya, kami kan punya keterbatasan," ucapnya.

Riza Patria menjelaskan Pemprov DKI Jakarta sudah menganggarkan sampai dengan tahun 2024 sekitar Rp5 triliun hanya untuk pembebasan lahan  bagi pekerjaan normalisasi di aliran Sungai Ciliwung. Apabila dibandingkan dengan daerah lain, lanjut dia, anggaran tersebut masih jauh lebih besar.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3