Pemprov DKI Jakarta Tegaskan Pejabat Tak Penuhi Target Diminta Mundur atau Diberhentikan

Antara · Minggu, 23 Mei 2021 - 09:57:00 WIB
Pemprov DKI Jakarta Tegaskan Pejabat Tak Penuhi Target Diminta Mundur atau Diberhentikan
Pemprov DKI Jakarta menegaskan evaluasi berkala dan terus menerus dilakukan untuk menilai kinerja pejabat. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

JAKARTA, iNews.id - Pemprov DKI Jakarta menegaskan evaluasi terhadap kinerja aparatur sipil negara (ASN) terus dilakukan secara berkala. Jika ada pejabat yang tidak mencapai target kinerja diberikan dua pilihan yaitu mundur atau diberhentikan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali. Dia mengatakan itu merupakan upaya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan target pembangunan prioritas yang disepakati agar dikerjakan bersama-sama.

"Hal tersebut sudah seperti kesepakatan bersama antara Gubernur dan jajaran terkait bahwa mereka harus siap dievaluasi apabila tidak mampu memenuhi target yang dibuat," kata Marullah di Jakarta, Minggu.

Marullah menegaskan komitmen dan konsekuensi tersebut sudah menjadi standar operasional prosedur (SOP) sejak pejabat DKI Jakarta dilantik sehingga siapapun harus siap untuk dievaluasi.

Marullah juga membantah evaluasi atau penyebab pejabat DKI Jakarta yang mundur disebabkan tekanan dari Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

“Tidak ada urusan pencopotan jabatan dengan TGUPP. Ini kan fenomena lumrah. Dari dulu juga sering ada pejabat yang dipertahankan dan dicopot. Bedanya di era Gubernur Anies semua pencopotan ada alasan kinerja, dan target yang tidak tercapai,” kata Marullah.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: