Penularan Covid-19 Masih Tinggi, Disdik Tangerang Dilema Buka Sekolah

Isty Maulidya ยท Senin, 30 November 2020 - 12:02:00 WIB
Penularan Covid-19 Masih Tinggi, Disdik Tangerang Dilema Buka Sekolah
Ilustrasi dimulai sekolah. (Foto: Sindonews)

TANGERANG, iNews.id - Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memulai kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka pada Januari 2021 mendatang membuat banyak pihak dilema, termasuk Dinas Pendidikan Kota Tangerang. Ini dikarenakan angka penularan Covid-19 di Tangerang saat ini masih cukup tinggi.

"Pemerintah pusat kan menyerahkan semua ke daerah, kami berharap semoga Januari nanti penularan Covid-19 di Tangerang turun. Kami juga agak khawatir, harus hati-hati jangan sampai jadi kluster baru," ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaludin pada Senin (30/11/2020).

Jamaluddin menyebutkan sebenarnya banyak orang tua yang sudah menginginkan sistem sekolah tatap muka seperti biasa. Banyak orang tua yang sudah mulai merasa jenuh dengan sistem pembelajaran daring saat ini.

Namun, Dinas Pendidikan Kota Tangerang masih mengkaji aturan selama pembelajaran tatap muka berlangsung.

"Kalau orang tua sebenarnya sudah ingin masuk, tapi kami masih dilema. Mungkin orang tua juga jenuh di rumah, yang pasti kita harus memperhatikan keselamatan dan kesehatan anak-anak," kata Jamaluddin.

Dinas Pendidikan Kota Tangerang juga tetap mengutamakan izin dari satuan pendidikan dan komite sekolah termasuk orang tua murid dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Tak hanya itu, pembelajaran tatap muka baru bisa dilaksanakan apabila satuan pendidikan merasa siap secara fasilitas ataupun keadaan di wilayah satuan pendidikan.

"Kami tidak bisa menentukan langsung dari Dinas Pendidikan langsung. Tapi kami melibatkan Satgas covid kota, wilayah, termasuk RT dan RW, kira-kira seperti apa nanti. Termasuk juga kesiapan satuan pendidikan, kesiapan komite dan orang tua juga," ujarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq