Penyidik Ada Acara Dinas, Mediasi Haris Azhar dan Luhut Batal

Erfan Ma'ruf ยท Kamis, 21 Oktober 2021 - 11:52:00 WIB
Penyidik Ada Acara Dinas, Mediasi Haris Azhar dan Luhut Batal
Haris Azhar tiba di Polda Metro Jaya untuk mediasi, kamis (21/10/2021) (Foto: Erfan Ma`ruf)

JAKARTA, iNews.id - Direktur eksekutif Lokataru Haris Azhar dan Koordinator MontraS Fatia Maulidiyanti gagal melakukan mediasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Gagalnya mediasi karena penyidik Ditkrimum membatalkan sepihak. 

Kuasa hukum Haris Azhar, Pieter Ell mengatakan, setelah masuk ke gedung Ditkrimum dia baru mendapatkan informasi mediasi kasus pencemaran nama baik dan berita bohong gagal dilakukan hari ini. 

"Jadi kita memenuhi undangan dari penyidik Siber Polda Metro Jaya dan kami tiba tadi jam 10.15 menit, sudah ketemu dengan penyidik dan ternyata oh ternyata acara hari ini ditunda oleh penyidik," kata Pieter, Kamis (21/10/2021).

Dia menambahkan, pihaknya tidak mendapatkan informasi perihal penundaan mediasi. Dari keterangan penyidik mediasi gagal dilakukan hari ini karena alasan kedinasan. 

"Jadi alasan kedinasan dari penyidik. Sehingga acara atau rencana mediasi hari ini ditunda untuk waktu yang akan ditentukan oleh penyidik," tuturnya. 

Sebelumnya, langkah mediasi tersebut diambil sebagai prosedur menyelesaikan masalah seperti yang tertulis dalam dalam surat edaran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah nomor SE/2/11/2021 tentang Kesadaran Budaya Beretika untuk Mewujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat, dan Produktif. 

Luhut melaporkan Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia ke Polda Metro Jaya pada Rabu (22/9/2021) atas dugaan pencemaran nama baik dan berita bohong. Laporan Luhut teregister dengan nomor LB/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Luhut tidak terima atas pernyataan Haris dan Fatia pada program NgeHAMtam berjudul "Ada Lord Luhut Dibalik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jendral BIN Juga Ada!!", yang ditayangkan di akun channel youtube Haris Azhar.

Luhut melaporkan Haris Azhar dan Fatia dengan Pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3 UU RI Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Pasal 14 atau Pasal 15 UU Nomor 1Tahun 1986 tentang Peraturan hukum pidana Pasal 310 KUHP atau Pasal 311 KUHP.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: