Permukaan Pintu Air Pasar Ikan Naik, Ini 9 Wilayah Berpotensi Banjir Rob

Antara, Wildan Catra Mulia ยท Senin, 29 Juli 2019 - 20:47 WIB
Permukaan Pintu Air Pasar Ikan Naik, Ini 9 Wilayah Berpotensi Banjir Rob

Ilustrasi, tanggul di kawasan pesisir pantai Jakarta Utara. (Foto: iNews.id/ Yudistiro Pranoto).

JAKARTA, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan untuk mengantisipasi dampak banjir rob di sembilan wilayah. Peringatan antisipasi tersebut disampaikan seiring kenaikan permukaan air Pasar Ikan dengan status siaga II atau kritis.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Subejo mengatakan, kenaikan permukaan air mulai tercatat sejak pukul 14.00 WIB dan terus meningkat hingga hingga pukul 17.00 WIB dengan status siaga III atau waspada.

Tinggi muka air (TMA) di pintu air Pasar Ikan secara berturut dalam dalam empat jam mencapai, 178 cm, 180 cm, 188 cm dan 195 cm. Pemutakhiran TMA pada pukul 18.00 WIB mencatat TMA mencapai 207 cm.

Dia mengimbau warga pesisir Pantai Utara Jakarta dan Kepulauan Seribu untuk berhati-hati terhadap potensi banjir rob tersebut. Sementara itu, data pencatatan TMA di 11 lokasi pintu air lainnya terpantau berada dalam rentang angka siaga IV atau kondisi aman.

"Kami koordinasi dengan aparat wilayah setempat untuk selalu monitor perkembangan di lapangan," ujar Subejo, Senin (29/7/2019).

Informasi dari akun Twitter @BPBDJakarta menyebutkan sembilan wilayah kemungkinan terdampak banjir rob tersebut berada di bagian utara Jakarta, yaitu, Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Marunda, Cilincing, Kalibaru dan Kamal.


Editor : Kurnia Illahi