Picu Trauma, Warga Penggilingan Jaktim Minta Ambulans Matikan Sirine saat Melintas

Okto Rizki Alpino ยท Selasa, 13 Juli 2021 - 17:18:00 WIB
Picu Trauma, Warga Penggilingan Jaktim Minta Ambulans Matikan Sirine saat Melintas
Spanduk Larangan Menghidupkan Sirine di RW 9 Penggilingan, Jakarta Timur, Selasa (13/7/2021)

JAKARTA, iNews.id - Seiring melonjaknya kasus Covid-19 di ibu kota membuat warga di RW 09, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur menjadi takut setiap kali mendengar suara sirine ambulans. Ambulans diusulkan mematikan sirine saat lewat perumahan warga.

Permintaan tersebut disampaikan warga melalui  spanduk yang dipasang di jalan lingkungan bertuliskan 'Ambulance dilarang menghidupkan sirine memasuki perumahan Aneka Elok Penggilingan'.

Camat Cakung Achmad Salahuddin mengatakan, permintaan warga itu bukan tanpa sebab. Pasalnya, di lingkungan sekitar  pun banyak yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah sehingga tidak membuat warga panik.

"Keterangan dari pak RW spanduk dibuat agar warga yang sakit dan sedang isolasi mandiri di rumah tidak merasa panik dan ketakutan sehingga menjadikan imun menurun," kata Achmad saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (13/7/2021).

Menurutnya, setiap kali suara sirine ambulans terdengar membuat psikologis warga terguncang. Sebab, lanjut dia, warga menilai ketika ambulans lewat maka saat itu pula seseorang tengah membutuhkan penanganan medis lebih lanjut atau  datangnya berita duka.

"Enggak beda kita saat ini ketika bunyi sirine ambulans, pikirannya udah khawatir saja. Walaupun dilarang membunyikan sirine tapi ambulans sama sekali tidak ada hambatan saat melintas di permukiman," ujarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2