Pintu Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang kini Berlaku Setiap Hari

muhammad rizky ยท Minggu, 16 Agustus 2020 - 00:56 WIB
Pintu Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang kini Berlaku Setiap Hari

Penerapan pintu akses tunggal di Stasiun Tanah Abang kini diberlakukan setiap hari (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan pintu akses tunggal di Stasiun Tanah Abang setiap hari. Tujuannya untuk memaksimalkan pembatasan antrean.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, sejak diberlakukan pada 11 Agustus 2020, antrean pengguna KRL melalui pintu akses tunggal yakni Pintu Utara berjalan tertib.

"Penyekatan dari satu pintu akses saja dapat membuat pengaturan jaga jarak pengguna di stasiun dan pengaturan kapasitas pengguna sejumlah 74 orang dalam kereta dapat berjalan lebih maksimal," kata Anne, Sabtu (15/8/2020).

Oleh karena itu, penerapan akses tunggal diperluas yakni tidak hanya pada hari kerja melainkan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur.

"Untuk memaksimalkan upaya jaga jarak maka PT KCI juga memberlakukan pintu akses tunggal ini mulai pukul 14.00 WIB pada Sabtu, Minggu, dan libur," ujarnya.

Seluruh pengguna yang hendak transit di Stasiun Tanah Abang diarahkan menggunakan hall sisi selatan stasiun. Sementara pengguna yang hendak keluar stasiun diarahkan melalui JPO ke hall sisi utara stasiun.

"Harap para pengguna sejak turun dari kereta menyesuaikan dengan pengaturan alur pergerakan ini," katanya.

Lebih lanjut Anne mmengingatkan selama pandemi Covid-19, orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yakni pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Aturan yang sama berlaku pada penumpang yang membawa barang besar.

"Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan, namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama," tuturnya.

Editor : Anton Suhartono