Polda Metro Jaya Sebut Pesepeda Melaju di Luar Jalur Bisa Dikenakan Pidana Kurungan

Carlos Roy Fajarta · Jumat, 12 Maret 2021 - 17:21:00 WIB
Polda Metro Jaya Sebut Pesepeda Melaju di Luar Jalur Bisa Dikenakan Pidana Kurungan
Polda Metro Jaya menegaskan pesepeda yang melaju di luar jalur bisa dikenakan pidana kurungan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Polda Metro Jaya menegaskan perlunya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan kendaraan yang dibawa sesuai jalurnya. Terutama terkait adanya jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar menjelaskan hukuman tak hanya dikenakan bagi pengendara motor yang masuk jalur sepeda permanen. Fahri menegaskan pesepeda yang melaju di luar jalur bisa dikenakan hukuman pidana.

"Jadi pesepeda yang tidak menggunakan jalur sepeda bisa dikenakan Pasal 299 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman kurungan 15 hari," kata Fahri di Jakarta, Jumat (12/3/2021).

Hal itu ditegaskan Fahri karena dirinya masih melihat ada pesepeda yang melaju bergerombol di luar jalur yang sudah dibuat. Namun Fahri menegaskan akan mengedepankan edukasi terlebih dahulu.

"Untuk pesepeda yang melanggar kami lakukan edukasi. Tapi disamping ada beberapa kendaraan bermotor yang masuk jalur sepeda, kami lihat juga masih ada pesepeda yang tidak masuk jalur sepeda, bahkan bergerombol, dengan kendaraan yang cukup cepat, itu juga berbahaya," ujar Fahri Siregar.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2