Potong Kabel Optik Sepihak, Dinas Bina Marga DKI Akan Penuhi Panggilan Ombudsman

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 20 September 2019 - 16:04 WIB
Potong Kabel Optik Sepihak, Dinas Bina Marga DKI Akan Penuhi Panggilan Ombudsman

Petugas Dinas Bina Marga DKI Jakarta memotong kabel optik di kawasan Cikini, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Tindakan ini disomasi oleh Apjatel. (Foto: DKI).

JAKARTA, iNews.id – Dinas Bina Marga DKI Jakarta akhirnya merespons polemik pemotongan kabel optik secara sepihak milik anggota Asosiasi Penyelenggara Jasa Telekomunikasi (Apjatel). Bina Marga akan memenuhi panggilan Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya.

"Senin (23 September 2019) saya ke Ombudsman. Saya sudah dapat undangannya Senin kemarin," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019). Hari mengaku akan menjelaskan perihal pemotongan kabel optik untuk penataan jaringan utilitas tersebut.

Mengenai permintaan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) agar DKI menghentikan sementara pemotongan kabel, Hari tidak akan menuruti. Hari berdalih, Bina Marga bertindak sesuai dengan aturan.

Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya sebelumnya meminta Pemprov DKI untuk menghentikan sementara pemutusan jaringan utilitas fiber optik di beberapa wilayah Ibu Kota Jakarta. Permintaan itu setelah Ombudsman menerima laporan Apjatel.

Apjatel menyatakan, tindakan Bina Marga DKI memotong kabel optik secara sepihak itu telah membuat jaringan internet ke pelanggan terganggu. Tindakan DKI dilakukan tanpa koordinasi dengan Apjatel sehingga mereka jelas-jelas menyalahi Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 tahun 1999 tentang Jaringan Utilitas.

"Maka, kami melayangkan somasi pada Kamis (5/9/2019) kemarin ke Gubernur dan Kadis Bina Marga DKI," kata Ketua Apjatel Muhammad Arif Angga saat konferensi pers di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2019).

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho mengatakan, pemanggilan itu untuk memastikan hak dan kewajiban masing-masing pihak. Ombudsman berharap ke depan perapian jaringan utilitas itu tidak menyebabkan gangguan pelayanan publik di Jakarta

“Kami telah menerima laporan dari Apjatel yang menerima keluhan dari para pengguna internet di kawasan Cikini, Menteng dan sekitarnya akibat pemutusan utilitas fiber optik di wilayah tersebut,” kata Teguh.


Editor : Zen Teguh