Profil Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kapolda Metro Jaya yang Baru

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 22 Januari 2019 - 12:41 WIB
Profil Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kapolda Metro Jaya yang Baru

Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. (Foto-foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian kembali melakukan mutasi dan promosi jabatan terhadap sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan Polri. Dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/188/I/KEP/2019 tertanggal 22 Januari 2019 disebutkan, ada 48 perwira yang dirotasi.

Salah satu yang mendapat promosi jabatan itu adalah Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. Dia dipercaya menjabat kapolda Metro Jaya, menggantikan Irjen Pol Idham Azis yang dipromosikan sebagai kepala Badan Reserse Kriminal (kabareskrim) Polri. Saat ini, dia menjabat asisten perencanaan (asrena) kapolri.

Gatot lahir di Solok, Sumatera Barat pada 28 Juni 1965. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 ini memiliki pengalaman dalam bidang reserse. Sebelum menjadi asrena kapolri, Gatot menjabat wakapolda Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:

Jadi Kabareskrim, Ini Profil Irjen Pol Idham Azis

Kapolri Rotasi Perwira Tinggi, Irjen Pol Idham Azis Jabat Kabareskrim


Sepanjang kariernya di dunia kebhayangkaraan, jenderal polisi bintang dua ini telah mengecap berbagai jabatan. Di antaranya adalah kapolres Blitar, sekretaris pribadi kapolri, kapolres Metro Depok (2008), kapolres Metro Jakarta Selatan (2009), dan direktur Reskrimum Polda Metro Jaya (2011).

Selanjutnya, Gatot tercatat juga pernah ditugaskan sebagai analis kebijakan madya bidang pidana umum Bareskrim Polri (2012), dan karolemtala Srena Polri (2014). Tahun lalu, Gatot dipercaya menjadi ketua Satuan Tugas (Satgas) Nusantara, satuan yang dibentuk khusus untuk mendinginkan dan meredam tensi masyarakat pada Pilkada Serentak 2018.


Editor : Ahmad Islamy Jamil