PSBB Corona Diharapkan Juga Diterapkan di Wilayah Penyangga Jakarta

Antara ยท Rabu, 08 April 2020 - 02:14 WIB
PSBB Corona Diharapkan Juga Diterapkan di Wilayah Penyangga Jakarta

Ilustrasi, Monumen Nasional (Monas), Jakarta. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dinilai saling terkait dalam kasus penyebaran virus corona (Covid-19). Kebijakan penanganannya juga harus terkoordinasi dengan baik.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Jabodetabek perlu dilihat secara satu kesatuan dalam penanganan virus corona. Salah satu pertimbangannya berkaca kasus pertama dan kedua pasien terkonfirmasi virus corona.

"Kami berharap memang penetapannya tidak hanya Jakarta, tetapi Jabodetabek. Kenapa? Kita pahami bahwa kasus pertama dan kedua itu adanya di Depok, kemudian masuk ke Jakarta," ujar Syafrin di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Selain itu pergerakan masyarakat tidak lagi dibatasi oleh wilayah administrasi. Pemprov DKI Jakarta telah meminta kepada pemerintah pusat untuk mengecualikan wilayah Jabodetabek dalam penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan virus corona.

"Pak Gubernur mengusulkan karena memang kewenangan beliau di Provinsi Jakarta, usulannya Jakarta tetapi juga menyarankan kalau bisa penetapannya Jabodetabek. Itu yang kita harapkan diterbitkan," katanya.

Sementara itu penyemprotan cairan disinfektan terus dilakukan di sejumlah lingkungan masyarakat. Salah satunya oleh remaja karang taruna di kawasan Pobdok Labu, Jakarta Selatan.

Penyemprotan dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona sejalan dengan program yang digagas oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

"Covid-19 menjadi isu bersama yang harus dihadapi dan ditanggulangi secara bergotong royong. Untuk itu kami melakukan penyemprotan. Harapannya wilayah kami tetap terbebas dari pandemi Covid-19. Selaku generasi penerus banhsa, aksi ini tentu menjadi bentuk riil kepedulian kami terhadap lingkungan," ungkap remaja karang taruna kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, Achmad Al Hafiz.

Editor : Kurnia Illahi