Razia Gelandangan, Petugas Amankan Anak di Bawah Umur

Rani Stones Sanjaya ยท Kamis, 04 Januari 2018 - 10:50 WIB
Razia Gelandangan, Petugas Amankan Anak di Bawah Umur

Salah satu Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial bernama Dedi asal Sumedang terjaring razia (Foto: Rani Stone)

JAKARTA,iNews.id – Tidur nyenyak Dedi (17) sontak terbangun saat petugas Suku Dinas (Sudin) Sosial menariknya. Remaja asal Sumedang itu tak berkutik ketika diamankan petugas di depan ruko kawasan Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Dedi merupakan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Jakarta. Dia mengaku baru dua hari menggelandang lantaran tidak sanggup menghadapi kerasnya kehidupan Ibu Kota.

Niat awalnya ingin mengadu nasib, tetapi hingga kini belum mendapat pekerjaan. Sehingga Dedi memilih tidur di emper pertokoan. Saat terjaring petugas Dinas Sosial, Dedi mengaku bersedia dipulangkan ke kampung halamannya Sumedang.

“Saya mau dipulangkan, saya di sini stress enggak punya duit, enggak punya pekerjaan, saya pilih pulang kampung,” kata Dedi di Sawah Besar, Jakarta Pusat Kamis (4/1/2018).  

Selain Dedi, petugas juga mengmankan belasan PMKS yang kerap berkeliaran di Jakarta Pusat. Satu di antara PMKS yang terjaring seorang wanita masih berusia belasan tahun.

Petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Tirta mengatakan, razia PMKS merupakan kegiatan rutin untuk mencegah meningkatnya jumlah gelandang, pengemis, dan pengamen di Jakarta.

“Nanti kita bawa ke panti sosial, kita akan berikan pembinaan hingga pemulangan ke kampung masing-masing,” kata Tirta.

Dinas Sosial DKI Jakarta mencatat jumlah PMKS di Ibu Kota menurun 45 persen pada tahun 2017 dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 mencapai 14.808 orang menjadi 8.143 orang PMKS yang terjaring oleh Dinsos pada 2017.

Penurunan tersebut disebabkan karena intensitas penjangkauan atau program penangkalan yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Ada sekitar 276 lokasi atau titik di Jakarta yang rawan keberadaan PMKS. Salah satunya kawasan Sawah Besar.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto