Rekayasa Lalu Lintas Akan Diberlakukan di Jalur Kanalisasi Ramp Cikunir Arah Jatiasih

Antara ยท Kamis, 09 April 2020 - 03:11 WIB
Rekayasa Lalu Lintas Akan Diberlakukan di Jalur Kanalisasi Ramp Cikunir Arah Jatiasih

Pekerjaan pemeliharaan berupa rekonstruksi rigid pavement Simpang Susun Cikunir pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: Antara).

BEKASI, iNews.id - Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan pada jalur kanalisasi ramp Cikunir arah Jatiasih dan Rorotan. Rekayasa tersebut dilakukan sehubungan adanya proyek pemeliharaan berupa rekonstruksi rigid pavement Simpang Susun (SS) Cikunir pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan, pengerjaan pemeliharaan berlangsung setiap hari pukul 08.00 WIB-24.00 WIB. Rekayasa lalu lintas akan dilakukan di antaranya sistem buka tutup lajur 1 dan 2.

"Jika kepadatan masih berlanjut, akan dilaksanakan contra flow secara situasional dengan titik awal KM 08+000 sampai KM 11+000 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek," ujar Dwimawan di Bekasi, Rabu (8/4/2020).

Sementara itu lokasi pekerjaan pemeliharaan jalan terletak di Ramp 5 Simpang Susun Cikunir Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek atau tepatnya di lajur 2 KM 10+450 hingga Km 10+600 Jalur Kanalisasi Ramp SS Cikunir arah Jatiasih dan Rorotan menuju Cikampek dengan bentang pekerjaan sepanjang 140 meter.

Selama pekerjaan pemeliharaan berlangsung, PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC) sebagai penanggung jawab pekerjaan siklus 5 akan menutup satu lajur di sisi kanan.

"Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi. PT JJC bekerja sama dengan kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas," ucapnya.

Menurutnya, sosialisasi telah dilakukan dengan memasang spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Dia meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan rekonstruksi tersebut karena berdampak pada penyempitan lajur di sekitar lokasi pekerjaan.

Selama pekerjaan berlangsung Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, mengatur waktu perjalanan, serta mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah.

"Pekerjaan pemeliharaan yang telah memasuki siklus kelima ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan sejak hari ini hingga Selasa (21/04)," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi