Salut, Warga Tanah Sereal Bantu Isolasi Mandiri Keluarga Pasien Positif Covid-19

Antara ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 17:38 WIB
Salut, Warga Tanah Sereal Bantu Isolasi Mandiri Keluarga Pasien Positif Covid-19

Dukungan moral warga Gang Songsi RW 06, Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat untuk keluarga pasien positif covid-19 yang menjalani isolasi mandiri sebagai ODP. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Warga Gang Songsi RW 06 Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat menunjukkan kegotongroyongan dan rasa peduli sesama dalam mencegah penyebaran covid-19. Mereka memfasilitasi keluarga yang masuk dalam daftar orang dalam pemantauan (ODP) karena berisiko terpapar covid-19.

Ketua RW 06 Tanah Sereal, Saad mengatakan mereka harus menjalani isolasi mandiri karena satu anggota keluarganya ada yang dinyatakan positif covid-19 pada malam Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Sebanyak 14 anggota keluarga difasilitasi isolasi mandiri di musala kawasan tersebut karena rumah mereka tak memungkinkan.

"Setelah salat id mereka dievakuasi ke musala karena mereka tidak punya tempat untuk isolasi mandiri. Mereka ditempatkan di lantai kedua muasala," kata Saad di Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Warga sekitar pun memberikan dukungan moral dengan memasang spanduk bertuliskan kalimat penyemangat kepada keluarga tersebut. Mereka juga mendukung keluarga tersebut dengan memberikan bantuan makanan.

Saad menjelaskan rumah tiga lantai yang dihuni keluarga tersebut kurang layak untuk digunakan sebagai tempat isolasi mandiri karena tak ada kamar mandi di dalamnya. Dia mengatakan 14 anggota keluarga sehari-hari menggunakan fasilitas di toilet umum.

Saat ini keluarga tersebut sedang menunggu hasil swab test yang telah mereka jalani untuk memastikan apakah ada yang terjangkit covid-19. Menurutnya warga tak ada yang mengucilkan keluarga tersebut.

"Semua anggota keluarga sudah dites dan tinggal menunggu hasil, warga sekitar juga mengerti setelah kami jelaskan. Semua mendukung dan tidak ada yang mengucilkan," katanya.

Editor : Rizal Bomantama