Senpi Asli, Pengemudi BMW Todongkan Pistol Jenis Walther Kaliber 32

Aditya Pratama ยท Sabtu, 15 Juni 2019 - 20:30 WIB
Senpi Asli, Pengemudi BMW Todongkan Pistol Jenis Walther Kaliber 32

Polisi menunjukkan Andy Wibowo, pengemudi BMW yang menodongkan senjata api ke pengemudi lain di Jalan Alaydrus, Jakarta Pusat saat jumpa pers di Mapolres Jakarta Pusat, Sabtu (15/6/2019). (Foto: istimewa).

JAKARTA, iNews.id, – Senjata api yang ditodongkan Andy Wibowo, pengemudi mobil BMW B 1764 PAF ke pengemudi lain di Jalan Alaydrus, Jakarta Pusat merupakan senjata asli. Direktur sebuah perusahaan IT itu mengantongi izin atas kepemilikan senjata tersebut.

Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Arie Ardian mengatakan, senjata api milik Andy Wibowo telah diperiksa oleh petugas. Senjata itu kini telah disita polisi sebagai barang bukti.

"Betul (senjata asli), jenis Walther kaliber 32 berwarna silver dan bernomor pabrik 3023 AAA," ucap Arie Ardian di Mapolres Metro Jakarta Pusat, Kemayoran, Sabtu (15/6/2019).

Dia menjelaskan, Andy telah memiliki senjata api tersebut selama lima tahun. Kepemilikan pistol ini juga dilengkapi dengan surat-surat resmi.

BACA JUGA: Pengemudi BMW yang Todongkan Senjata Api Positif Narkoba

Selama lima tahun kepemilikan, kata Arie, dia belum pernah menggunakan senjata api tersebut. Adapun pada saat terjadi insiden di Jalan Alaydrus, Andy mengaku membawa senjata api tersebut untuk membela diri.

“Berdasarkan pengakuan kepada penyidik, motifnya memang yang bersangkutan memiliki senjata ini untuk bela diri,” kata Arie.

Walaupun memiliki surat izin, polisi tetap akan memeriksa surat-surat tersebut karena pelaku tidak terdaftar di Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin).

Andy ditangkap setelah aksinya menodongkan pistol ke Oman Rahman, pengemudi Isuzu Panther di Jalan Alaydrus, Gambir, Jumat (14/6/2019) viral di media sosial. Petugas yang menerima informasi kejadian tersebut meringkus Andy pada Sabtu pagi.

Berdasarkan pengakuannya, Andy emosi karena mobilnya terhadang oleh Panther yang datang dari arah berlawanan. Dia merasa jalan tersebut satu arah.

Karena pengemudi Panther tidak juga memberikan jalan, dia pun naik pitam, turun dari mobilnya dan menodongkan pistol ke pengemudi Panther.

Atas aksi koboinya itu dia terancam Pasal 1 (1) UU Darurat No. 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api dan Pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan.


Editor : Zen Teguh