Sidak, Dinas Pariwisata DKI Temukan Tempat Hiburan Malam Tak Berizin

iNews, Fendra Kurniawan ยท Senin, 25 Desember 2017 - 09:00 WIB
Sidak, Dinas Pariwisata DKI Temukan Tempat Hiburan Malam Tak Berizin

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup diskotek dan tempat pijak Alexis karena menyalahgunakan izin. (Foto:DOK/iNews.id)

JAKARTA,iNews.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta melakukan inspeksi mendadak (Sidak) tempat hiburan malam (THM) di Jakarta. Sidak difokuskan pada perizinan industri pariwisata.

Kasi Hiburan dan Rekreasi Disparbud DKI Ujang Supandi mengatakan, kegiatan sidak dalam rangka pembinaan terhadap industri pariwisata yang belum melengkapi legalitas perizinan.

“Ini untuk pengawasan dan pembinaan termpat hiburan malam yang kerap disalahgunakan. Kami mangacu pada Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pariwisata,” kata Ujang, Senin (25/12/2017).

Saat sidak, jajaran Disparbud memeriksa tujuh perizinan di antaranya Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Undang-Undang Bangunan (UUG), analisis dampak lingkungan (Amdal), Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Minuman Beralkohol (MB), dan setoran masa pajak daerah.

Ujang mengatakan, ada beberapa tempat hiburan malam yang melanggar daftar usaha pariwisata dan tidak memiliki izin. Untuk itu, kata dia, Disparbud akan menerbitkan surat peringatan yang diberikan kepada manajemen tempat hiburan tersebut.

“Tentu akan kami berikan sanksi, bisa peringatan secara tertulis. Apabila bandel, nanti diberikan sanksi lebih berat,” ujar dia.

Lebih lanjut, Ujang mengatakan, sidak kali ini juga dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, serta menekan penyalahgunaan izin tempat hiburan malam seperti di diskotek MG Internasional Club. Diketahui dalam diskotek tersebut ditemukan pabrik pembuat narkoba di lantai 4.

“Jangan sampai seperti yang sudah-sudah kemarin terulang kembali. Karena itu sifatnya pembinaan,” kata dia.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto