Siswa-siswi SMA Presiden Unjuk Kebolehan di Prexordinary

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 10 November 2018 - 20:48 WIB
Siswa-siswi SMA Presiden Unjuk Kebolehan di Prexordinary

Penampilan orkestra siswa-siswi SMA Presiden, Cikarang, dalam Pentas Seni Prexordinary, Sabtu (10/11/2018). (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

CIKARANG, iNews.id – Siswa-siswi Sekolah Mengengah Atas (SMA) Presiden di Jababeka Education Park, Jalan Ki Hajar Dewantara, Kota Jababeka, Cikarang Baru, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengadakan acara pentas seni (pensi) tahunan pada akhir pekan ini. Pentas seni bertajuk “Prexordinary” itu dimeriahkan berbagai kegiatan dan menghadirkan sejumlah artis papan atas.

Ketua panitia Pensi SMA Presiden 2018, Natanael Ramoti mengatakan, acara tersebut menjadi puncak dari rangkaian President Cup, yakni ajang unjuk kebolehan dan kreativitas para siswa di sekolah itu. “Acara Pentas Seni Prexordinary sudah jadi rutinitas tahunan di sini. Dan sekarang adalah tahun ketiga kami mengadakan acara ini,” kata Natan, sapaan Natanael, di Cikarang, Sabtu (10/11/2018).

Dia menuturkan, SMA Presiden memberi ruang kepada para siswa agar tidak hanya berkutat pada kegiatan pendidikan semata, tapi juga pada kegiatan-kegiatan nonakademik. Karena itulah, kehadiran Pensi Prexordinary diperlukan sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas dan potensi nonakademik siswa yang selama ini terpendam.

“Kita melihat orang-orang itu mengutamakan pendidikan. Tapi mereka melupakan hal-hal yang penting juga, contohnya di bidang seni dan olahraga. Karena itu, kami adakan lomba futsal dan basket untuk putra putri tingkat SMA dan SMP. Acara ini untuk menunjukkan bakat-bakat siswa yang masih terpendam,” tuturnya.

Dia berharap Pensi Prexordinary 2018 bisa menjadi perekat silaturahmi seluruh siswa dan siswi, baik yang sudah lulus maupun yang masih dalam masa pendidikan.  

“Adik kelas dapat meneruskan yang baik dan mengurangi yang tidak baik (dari kakak kelasnya), sehingga mereka jadi lebih baik ke depannya. Selain itu, acara ini bisa mempererat hubungan tiap-tiap angkatan di SMA Presiden,” jelasnya.

Ada beragam penampilan yang disajikan dalam pentas seni kali ini, mulai dari menyanyi, menari, pertunjukkan angklung, hingga orkeestra. Sejumlah artis papan atas Tanah Air, seperti The Changcuters dan Yura Yunita juga turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Kepala sekolah SMA Presiden Asep Sukendar menilai acara pentas seni ini dapat menjadi pemersatu energi yang dimiliki seluruh siswa. “Kami libatkan mereka bahwa energi yang kita miliki kalau disatukan dan disinergikan lewat kegiatan, akan menuai keberhasilan,” kata Asep.

Menurut dia, penyelenggaraan pentas seni ini sejalan dengan tujuan sekolah yang tidak sekadar memberikan pengetahuan akademik, tetapi juga menitikberatkan pada karakter, sikap atau perilaku.

“Kegiatan seperti ini mencerminkan siswa yang betul-betul menjadi pemuda yang tak terpisahkan dari bangsa ini. Kreativitas itu akan muncul jika ada keinginan. Dan keinginan akan muncul dengan acara seperti ini,” ucapnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil