Skybridge Tanah Abang Diuji Coba Hari Ini untuk Pejalan Kaki

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 08:55 WIB
Skybridge Tanah Abang Diuji Coba Hari Ini untuk Pejalan Kaki

Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba Skybridge Tanah Abang hari ini untuk pejalan kaki.

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, melakukan uji coba pemakaian Jembataan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai hari ini, Jumat (7/13/2018).

Direktur Utama PD Pasaar Jaya Yoory C. Pinontoan mengatakan, pihaknya hanya mengizinkan para pejalan kaki yang melintas di JPM Tanah Abang. Pada uji coba hari pertama ini, dia mengharapkan, pihaknya mendapat banyak masukan terkait kekurangan dari fasilitas umum (fasum) tersebut.

"Tujuannnya adalah untuk mengetahui kekurangan yang harus disempurnakan sampai dengan JPM Tanah Abang ini diresmikan oleh Bapak Gubernur pada kesempatan yang akan datang," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (7/12/2018).

BACA JUGA: Sidak Skybridge Tanah Abang, Ombudsman Minta Beroperasi 7 Desember

Yoory menjelaskan, tujuan lain dari pembangunan JPM ini adalah untuk menciptakan integrasi antar moda transportasi di Stasiun Tanah Abang. Dia berharap, program ini sebagai solusi atas kesemerawutan yang terjadi dalam kurun waktu lima tahun terakhir di depan pintu stasiun kereta api Tanah Abang.

Dia menjelaskan, pihaknya membangun skybridge Tanah Abang dengan fasilitas halte dan keterhubungan dengan blok-blok pasar Tanah Abang. "Dari rencana tiga halte yang akan dibangun, dua halte sudah terbangun," katanya menuturkan.

Adapun ketiga halte yang dimaksud adalah: halte di pintu Stasiun Tanah Abang Jalan Jatibaru (persisnya di bawah JPM). Kemudian halte di sisi selatan flyover Jatibaru (persisnya di seberang stasiun Jatibaru bengkel).

"Halte yang belum terbangun adalah halte di pintu stasiun Tanah Abang Jalan Jatibaru bengkel," ujarnya.

Sementara uji coba yang dilakukan hari ini, dia menambahkan, adalah uji coba pengoperasian lintasan untuk orang dan angkutan umum. "Lintasan orang adalah pergerakan orang melintas JPM dan lintasan angkutan umum adalah pergerakan Trans Jakarta dan Mikrolet," katanya mengungkapkan.

Adapun rute bus transjakarta yang akan mengunakan halte-halte tersebut adalah: Rute Bus 5 F, Kampung Melayu-Tanah abang dan Rute Bus 8C, Iskandar Muda-Tanah Abang. Kedua rute tersebut akan melewati Jalan kebon Jati-belakang Blok G-Jalan Jatibaru Raya (di bawah JPM), berhenti di halte baru Jatibaru dan halte Jatibaru bengkel, kemudian lewati Flyover Cideng, Hotel Millennium-Jalan Fachrudin.

Rute tersebut juga dilewati Rute bus 1H, Tanah Abang-Gondangdia, Rute bus GR 2, dan Tanah Abang Explorer. "Tujuan utama dari penataan ini yaitu perubahan perilaku penumpang, pengunjung dan pedagang untuk tertib ketika berada di kawasan Tanah Abang," katanya menegaskan.

Awalnya, pembangunan skybridge Tanah Abang dijadwalkan rampung pada 23 November lalu, namun ada kendala sehingga pengerjaannya molor. Salah satu kendala adalah terkait dengan evaluasi arus penumpang Stasiun Tanah Abang setelah skybridge terbangun dan tersambung dengan pasar.


Editor : Djibril Muhammad