Soal Konfirmasi Panitia Piala Presiden, Anies: Saya Baca di Media Saja

Fikih Riyan, Wildan Catra Mulia ยท Senin, 19 Februari 2018 - 12:29 WIB
Soal Konfirmasi Panitia Piala Presiden, Anies: Saya Baca di Media Saja

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Sindonews/Isra Triansyah)

JAKARTA,iNews.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku belum mendapatkan penjelasan langsung dari panitia penyelenggara Piala Presiden 2018 terkait dirinya dilarang turun ke Podium. Menurut Anies, dirinya justru mengetahui dari pemberitaan di media.

“Saya baca di media aja,” kata Anies di Kelurahan Petojo Selatan, Senin (19/2/2018).

Namun demikian, Anies meminta masyarakat untuk tidak kembali membahas video viral yang menampilkan dirinya dilarang turun ke Podium Piala Presiden 2018 oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Dirinya juga meminta kepada pengguna sosial media untuk tidak menyalahkan Paspampres.

“Kasihan petugas (Paspampres) itu hanya menjalankan tugasnya,” ujar dia.

Dia mengatakan, tidak penting dirinya naik podium atau tidak yang terpenting adalah tim kesayangan Ibu Kota bisa juara. Anies justru menyayangkan pertandingan Final Piala Presiden 2018 antara Persija dengan Bali United menyisakan beberapa kerusakan pada Stadion Utama Gelora Bung Karno. Padahal stadion kebanggaan masyarakat Indonesia itu baru saja selesai direnovasi untuk menghadapi pegelaran Asian Games 2018.

“Pertama tentu harus ketertiban bagaimanapun juga semua penonton sepak bola yang berangkat itu saling mengingatkan, bahwa fasilitas-fasilitas ini adalah fasilitas yang mencerminkan bangsa dan negara,” ujar Anies.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan ikut membantu proses perbaikan fasilitas-fasilitas SUGBK yang rusak. Namun demikian, Anies mengimbau semua pihak, baik suporter maupun pengurus klub sepak bola dapat melakukan pembinaan terhadap seluruh anggotanya agar lebih tertib.

“Jangan dirusak dan bila ada yang melakukan tegur, laporkan. Kalau kenyataan sekarang sudah ada kerusakan harus segera diperbaiki dan mudah-mudahan juga pembinaan bisa menjadi lebih baik, terutama pembinaan kepada suporter, sehingga mereka berperilaku yang lebih baik,” kata Anies.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto