Strategi Anies Atasi Banjir Jakarta dengan Percepat Pembuatan Bendungan di Hulu

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 16 Oktober 2019 - 12:42 WIB
Strategi Anies Atasi Banjir Jakarta dengan Percepat Pembuatan Bendungan di Hulu

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menilai inti dari persoalan penanganan banjir, yaitu pengendalian volume air yang masuk ke Jakarta dari hulu kawasan Bogor, Jawa Barat. Wilayah Jakarta diketahui sebagai dataran lebih rendah dibandingkan Bogor.

Dia mengaku memiliki strategi berbeda dalam mencegah banjir Jakarta selain naturalisasi sungai. Salah satunya membangun sejumlah kolam retensi di hulu agar volume air yang masuk ke Jakarta bisa terkendali.

"Sebesar apapun (sungai) yang kita buat, secepat apapun jalur (aliran air) sampai ke laut selama volume air dari hulu tidak kita kendalikan, kita akan selalu menghadapi masalah. Kenapa? Karena ada permukaan tanah yang lebih rendah dari permukaan air laut," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019) malam.

BACA JUGA:

2 Tahun Jadi Gubernur DKI, Anies Akan Selesaikan Pembangunan Kampung Akuarium

Uji Coba Jalur Sepeda Fase 2, Anies Baswedan Gowes Sejauh 23 Kilometer

Dia telah meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) untuk mempercepat pembuatan bendungan di wilayah hulu.

"Kita bicara dengan BBWSCC untuk membereskan itu karena apapun yang kita kerjakan di hilir apalagi dengan ada permukaan air laut yang tinggi, kecepatan air tinggi dengan volume besar tidak mungkin bisa dipompa dengan cepat sampai ke laut," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi