Tagedi Christchurch, DKI Pasang Warna Bendera Selandia Baru di JPO GBK

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 16 Maret 2019 - 14:09 WIB
Tagedi Christchurch, DKI Pasang Warna Bendera Selandia Baru di JPO GBK

Jembatan Penyeberangan Orang Gelora Bung Karno (JPO GBK), Jakarta Pusat, menampilkan warna-warni yang merepresentasikan bendera Selandia Baru. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Pemprov DKI Jakarta turut berbelasungkawa atas tragedi mengerikan yang terjadi di Kota Christchurch, Selandia Baru, kemarin. Dalam peristiwa itu, sebanyak 49 muslim meninggal dunia di Masjid Al Noor, kawasan Deans Ave, setelah ditembak secara brutal oleh teroris bernama Brenton Tarrant.

Sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi tersebut, Pemprov DKI Jakarta hari ini menampilkan warna-warni menyerupai bendera negara Selandia Baru di Jembatan Penyeberangan Orang Gelora Bung Karno (JPO GBK), Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho mengatakan, penayangan kombinasi warna di JPO tersebut merupakan bentuk solidaritas Kota Jakarta kepada Selandia Baru, terutama keluarga korban penembakan di Masjid Al Noor. “Ini sesuai dengan arahan Pak Gubernur,” ujar Hari saat dikonfimasi, Sabtu (16/3/2019).

BACA JUGA: Pelaku Penembakan Masjid Selandia Baru Hadapi Tuntutan Pembunuhan

Menurut dia, selama satu pekan ke depan, kombinasi warna bendera Selandia Baru akan terus ditampilkan di JPO GBK setiap malam. Sejak tadi malam, JPO tersebut telah menayangkan tiga kombinasi warna yang ada di bendera Negeri Kiwi itu, yakni merah, biru, dan putih. “Selama seminggu akan terus dinyalakan, mulai dari pukul 18.00 hingga 05.00 pagi,” ucapnya.

Sebelumnya, melalui media sosial, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan duka cita yang mendalam atas tragedi yang menimpa muslim di Selandia Baru. “Atas nama warga Jakarta, kami turut berbelasungkawa. Bagi keluarga yang ditinggalkan dan juga kepada komunitas muslim di Selandia Baru,” ujar Anies dalam video yang diunggah di akun Instagram miliknya yang terverifikasi.

Gubernur Anies mengatakan, Jakarta bersama dalam solidaritas dengan warga Christchurch. Warga di kota itu, menurut dia, selama ini terkenal karena kedamaian, keterbukaan, dan keramahannya terhadap semua orang dari berbagai golongan. “Kami percaya, Pemerintah Selandia Baru sedang menangani tragedi ini dengan serius dan keadilan pasti akan ditegakkan,” tutur Anies.


Editor : Ahmad Islamy Jamil