Tahun Depan DKI Bakal Bangun Masjid Raya di Cakung, Nilai Konstruksinya Rp64 M

Wildan Catra Mulia · Kamis, 07 November 2019 - 17:08 WIB
Tahun Depan DKI Bakal Bangun Masjid Raya di Cakung, Nilai Konstruksinya Rp64 M

Logo Pemprov DKI Jakarta (ilustrasi). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Provinsi DKI Jakarta mengajukan anggaran sebesar Rp511 miliar dalam Kebijakan Umum Anggaran- Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020. Jumlah itu telah disetujui oleh Komisi D DPRD DKI Jakarta.

Kepala Dinas CKTRP Provinsi DKI Jakarta, Heru Hermawanto membeberkan, pos anggaran itu nanti digunakan untuk berbagai program yang sudah dipersiapkan instansinya. Salah satunya membangun masjid raya di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Pihaknya juga sudah menentukan lokasi pembangunan rumah ibadah umat Islam itu.

“Lokasi pembangunan masjid di sekitar pull bus PPD Cakung Barat, sekitar situ,” kata Heru saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Soal anggaran pembangunan masjid tersebut, kata dia, Dinas CKTRP DKI Jakarta mengalokasikan sebesar Rp64 miliar untuk pembangunan kontruksi masjid. Skema pembangunan itu menggunakan skema single year (tahun tunggal), sehingga untuk pengerjaan interior bangunan, anggarannya bakal diajukan pada 2021.

Heru memerinci, masjid raya itu dibangun di atas lahan seluas 1 hektare. Sementera, luas bangunan masjidnya 18.000 meter persegi. Dalam perencanaannya, masjid raya itu dibangun tiga lantai dengan daya tampung hingga 10.000 jamaah.

Editor : Ahmad Islamy Jamil