Tanggul Baswedan Jebol, Sudin SDA Jaksel Ganti dengan Turap Permanen

Antara ยท Senin, 14 Januari 2019 - 11:16 WIB
Tanggul Baswedan Jebol, Sudin SDA Jaksel Ganti dengan Turap Permanen

Petugas PPSU membersihkan lumpur yang menggenangi jalan pemukiman warga karena tanggul aliran Kali Pulo jebol di Kelurahan Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta, Senin (14/1/2019). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan berencana membuat turap untuk mengatasi jebolnya Tanggul Baswedan di Kelurahan Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu. Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan, Holi Susanto mengatakan, pembuatan turap baru dapat dilakukan setelah ketinggian air Kali Pulo yang mengalir di kawasan itu surut.

“Jika sudah surut (tinggi permukaan air Kali Pulo), baru kami buat turap permanen,” ujar Holi saat dihubungi di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Turap adalah struktur dinding beton sangat padat yang dibangun vertikal. Struktur itu berfungsi sebagai penahan laju air dan menopang tanah.

Sejak Tanggul Baswedan di Kali Pulo jebol pada Minggu (13/1/2019) malam, Sudin SDA Jakarta Selatan memasang crucuk struktur tiang-tiang kayu dolken untuk menahan laju air sungai masuk ke pemukiman warga. Di samping itu, sebanyak 20 jajaran Sudin SDA Jakarta Selatan bersama anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Jati Padang juga menimbun karung-karung pasir yang berfungsi sebagai penahan sementara.

BACA JUGA: Tanggul Kali Pulo Jebol, Kawasan Jati Padang Terendam Air

Saat Tanggul Baswedan di Kelurahan Jati Padang jebol, air setinggi 50-60 cm mulai merendam RT 003 dan RT 004 di RW 006 pada 18.30 WIB tadi malam. Namun pada pukul 05.10 WIB pagi tadi, banjir akibat tanggul jebol sudah surut.

Kendati demikian, tinggi permukaan air Kali Pulo masih relatif tinggi. Tanggul di Kali Pulo sebelumnya juga pernah jebol pada 2017. Untuk mengatasi masalah itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan sempat berencana memperkuat tanggul dan memperlebar Kali Pulo.


Editor : Ahmad Islamy Jamil