Temuan Ribuan E-KTP di Pondok Kopi, Polisi: Banyak Sudah Kedaluwarsa

Antara ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 20:09 WIB
Temuan Ribuan E-KTP di Pondok Kopi, Polisi: Banyak Sudah Kedaluwarsa

Ilustrasi, Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). (Foto: SINDOphoto).

JAKARTA, iNews.id - Polisi sudah mengidentifikasi ribuan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di dalam karung yang ditemukan di Pondok Kopi, Jakarta Timur, Sabtu (8/12/2018). E-KTP tersebut sebagian besar diketahui sudah kedaluwarsa.

Kapolsek Duren Sawit, Jakarta Timur Kompol Parlindungan Sutasuhut mengatakan, ribuan e-KTP yang ditemukan merupakan cetakan pertama tidak berlaku seumur hidup. Dalam e-KTP itu  masih terdapat batas tanggal berlakunya.

"Tapi beberapa masih berlaku, ada yang kedaluwarsanya Februari 2019, ada yang Desember ini. Tapi yang sudah kedaluwarsa banyak," ujar Parlindungan ketika dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu (8/12/2018).

Dia menuturkan, sempat ada seseorang ingin mengambil barang tersebut. Orang itu mengaku dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta.

BACA JUGA:

Penemuan Ribuan E-KTP di Pondok Kopi Sempat Jadi Mainan Anak Kecil

Anies Nilai Polisi Bisa Usut Penemuan Ribuan E-KTP di Pondok Kopi

Namun orang itu tidak dapat menunjukkan identitas resminya. "Ketika ditanya identitas, eh dia malah pergi," ucapnya.

Menurutnya, kasus ini tetap diusut, terutama untuk menyelidiki motif adanya e-KTP di lokasi. "Daerah situ enggak ada CCTV sih, kebun-kebun gitu. Kalau saya nilai sepertinya itu enggak sengaja jatuh saja," ucap Parlindungan.

Selanjutnya, barang bukti tersebut segera dilimpahkan ke Polres Metro Jakarta Timur. "Akan ditangani di level atas saja," katanya.


Editor : Kurnia Illahi