Terima Bantuan, Porter Terminal Kampung Rambutan Doakan MNC Peduli Banyak Rezeki

Widya Michella · Jumat, 21 Mei 2021 - 21:02:00 WIB
Terima Bantuan, Porter Terminal Kampung Rambutan Doakan MNC Peduli Banyak Rezeki
MNC Peduli bagikan bantuan bagi porter Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur yang ikut terdampak pandemi covid-19, Jumat (21/5/2021). (Foto: MNC Portal Indonesia/Widya Michella)

JAKARTA, iNews.id - Sardiman (53) salah satu porter resmi bernomor A11 menjadi kuli panggul Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur selama 29 tahun kini harus merasakan dampak pandemi covid-19. Penghasilannya sehari tidak lebih dari Rp50.000-Rp60.000 akibat menurunnya jumlah pemudik yang menggunakan bus.
 
Setiap hari Senin-Jumat, dia berangkat pagi pukul 06.00 WIB dan pulang sehabis sholat Ashar pukul 16.00 WIB. Selain bekerja sebagai porter, dia juga menjadi kuli bangunan di saat ada tawaran dari rekan kerjanya. Hal tersebut dapat mencukupi kebutuhan keluarganya di Kampung Bulok, Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Sama halnya dengan Wajri B Sanadi (40) pernah menjadi pedagang buah. Namun usahanya bangkrut sehingga porter menjadi penghasilan utama guna menghidupi tiga anak dan istrinya di Bengkulu.

"Saya merantau ke Jakarta bersama keluarga pernah dagang buah. Karena modalnya kosong, saya jadi porter tak ada kerjaan lain dan keluarga balik ke Bengkulu," kata Wajri saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Jumat (21/05/2021).

Lelaki yang lahir tahun 1982 ini mengaku kehidupan porter sangat keras karena sering bersinggungan dengan karyawan bus atau Porter lainnya. 

"Mereka (karyawan bus) mau manggul juga, karena penumpang sepi," ucap Wajri.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3