Terobos Palang Pintu Pelintasan Kereta, Pengemudi Ojek Online Kaget Ditilang

Antara ยท Selasa, 17 September 2019 - 19:48 WIB
Terobos Palang Pintu Pelintasan Kereta, Pengemudi Ojek Online Kaget Ditilang

Ilustrasi, pelintasan kereta api. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Rahmad, pengemudi ojek online kaget ditilang polisi karena nekat menerobos palang pintu pelintasan kereta api, Selasa (17/9/2019). Padahal dia sudah sering melintasi sebidang jalur pelintasan langsung (JPL) 14 wilayah Bukit Duri Manggarai Jakarta Selatan.

Warga Kebon Pala, Jakarta Selatan itu mengaku baru pertama kali ditilang karena menerobos palang pintu pelintasan kereta api. Dia berharap kepada polisi atau petugas palang pintu menertibkan pengendara motor di pelintasan kereta api.

"Saya buru-buru karena barusan dapat orderan. Pas motor dimundurkan, di belakang kena palang pintu, jadi kena tilang," ujar Rahmad di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Selain menilang pengemudi, anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Wilayah Jakarta Selatan juga memberikan sosialisasi kepada pengemudi untuk mengutamakan keselamatan saat berada di pelintasan sebidang kereta api.

Anggota Satlantas Wilayah Jakarta Selatan juga memberikan peringatan dengan pengeras suara kepada pengemudi yang melanggar peraturan lalu lintas.

"Ayo jangan boncengan bertiga. Sudah tidak pakai helm, nanti cantiknya luntur lho," ucap salah satu polisi wanita (Polwan) dengan pengeras suara kepada siswa SMA yang berbonceng tiga tanpa mengenakan helm.

Petugas PT KAI Daop 1 Jakarta juga turut berpartisipasi aktif menyosialisasikan keselamatan berkendara saat berada di pelintasan kereta api. Para petugas PT KAI membentangkan spanduk seperti bertuliskan, Stop! Dahulukan Kereta yang Melintas.

Mereka juga membagikan stiker tertib lalu lintas kepada para pengemudi di kedua sisi lokasi pelintasan sebidang tersebut.


Editor : Kurnia Illahi