Tiga Pilar Jakarta Pusat Lepas 12.000 Relawan Pengawas Protokol Kesehatan Tingkat RT

Komaruddin Bagja Arjawinangun, Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 13:14:00 WIB
Tiga Pilar Jakarta Pusat Lepas 12.000 Relawan Pengawas Protokol Kesehatan Tingkat RT
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi, Dandim 0501/JP BS Kolonel Inf Lukman Arif, dan Plh Walikota Jakarta Pusat Irwandi saat meluncurkan kelompok relawan pengawas protokol kesehatan di tingkat RT, Kamis (18/2/2021). (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Polres Metro Jakarta Pusat membentuk kelompok relawan pengawas protokol kesehatan di tingkat RT. Peluncuran pengawas protokol kesehatan ini berlangsung di Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran yang dihadiri seluruh relawan dan para pejabat Polres Jakarta Pusat, Kamis (18/2/2021).

Ada lebih dari 12.000 relawan yang dilibatkan di program yang baru pertama kali ada di Indonesia ini. Relawan tersebut terdiri atas warga setempat yang tergugah hatinya untuk menyadarkan masyarakat.

Langkah ini merupakan implementasi dari kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi menuturkan, dari data Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia dan UNICEF, ketidakdisiplinan masyarakat berpengaruh terhadap meningkatnya angka penyebaran covid-19.

Hengki mencontohkan Amerika Serikat yang angka tes PCR tinggi namun karena pemberlakukan protokol kesehatan minim, jumlah kasus covid-19 sangat tinggi. Dia menyebut protokol kesehatan tingkat RT pun perlu diperkuat untuk mendisiplinkan masyarakat. Ini merata di seluruh RT di Jakarta Pusat.

"Kami usulkan relawan protokol kesehatan di tingkat RT agar diperkuat," kata Hengki di PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (18/2/2021).

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3