Tim Seleksi Bocorkan Aspek-aspek yang Harus Dimiliki Cawagub DKI

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 12:12 WIB
Tim Seleksi Bocorkan Aspek-aspek yang Harus Dimiliki Cawagub DKI

Ilustrasi (iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pengamat politik Universitas Negeri Jakarta Ubedillah Badrun merupakan salah satu anggota tim uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Surat tugas pun telah digenggamnya guna menyeleksi nama-nama guna disaring menjadi calon pengganti Sandiaga Uno.

Dia mengatakan, tim seleksi melihat beberapa aspek yang mungkin bisa dijadikan syarat dalam menentukan cawagub DKI Jakarta. Apalagi, wagub sebenarnya hanya membantu gubernur. Artinya, secara regulatif para calon wakil gubernur adalah yang memahami posisi politiknya, posisi hukumnya berdampingan.

"Saya kira wakil gubernur memang memerlukan kemampuan leadership sebagai seorang wakil, kemudian mereka menguasai tugas-tugas sebagai wakil termasuk juga memang memiliki ketrampilan yang bersifat spesifik memahami Kota Jakarta terkait berbagai bidang termasuk bidang ekonomi sosial dll," kata Ubedillah saat dihubungi, Jakarta. Kamis (10/1/2018).

BACA JUGA:

PKS-Gerindra Targetkan 25 Januari Setor Dua Nama Cawagub

Tiga Pesan Anies untuk PKS dan Gerindra soal Cawagub DKI Jakarta

Ditanya soal Wagub DKI, Anies: Sebentar Lagi Fit and Proper Test

Dia mengaku bersama ketiga panelis lainnya masih menunggu undangan resmi dari pihak partai pengusung yakni PKS dan Gerindra untuk melakukan tahapan seleksi. "Kami sifatnya menyiapkan secara profesional sambil menunggu agenda pertemuan full tim dari kedua kubu itu ya," ujarnya.

Sebelumnya, PKS dan Gerindra melakukan pertemuan yang hasilnya menetapkan pada 25 Januari pihaknya sudah mendapatkan dua nama calon wakil yang kemudian diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Melihat hal tersebut, Ubedillah meyakini hal tersebut bisa dilalukan. Sebab, proses pemilihan Wagub DKI hanya membutuhkan proses paling lama satu pekan.

"Kalau perkiraan kami mungkin tidak sampai satu pekan ya karena kalau pun full time bekerja menyeleksi 3 orang bukan puluhan orang jadi dengan analisis data track record dll, lalu wawancara dll, saya kira mnungkin juga bentuknya FGD dll saya kira cukup tidak sampai sepekan bisa," pungkasnya.


Editor : Djibril Muhammad