Viral Surat Edaran Jumat Bergamis Hitam, Camat Ciputat: Hoaks, Kerjaan Orang Iseng

Okezone, hambali ยท Sabtu, 12 Oktober 2019 - 22:00 WIB
Viral Surat Edaran Jumat Bergamis Hitam, Camat Ciputat: Hoaks, Kerjaan Orang Iseng

Gambar surat edaran Camat Ciputat, Tangerang Selatan yang viral di media sosial, Sabtu (12/10/2019). (Foto: istimewa).

TANGERANG SELATAN, iNews.id – Masyarakat dibuat heboh dengan beredarnya gambar surat edaran Camat Ciputat, Tangerang Selatan yang memerintahkan pegawai perempuan mengenakan gamis hitam setiap Jumat. Gambar surat edaran itu viral di media sosial dan grup-grup WhatsApp.

Camat Ciputat Andi D Patabai merespons kabar tersebut. Dia menyebut surat itu tidak benar. Andi pun mempertanyakan validitasnya karena hingga saat ini tidak ada surat demikian di meja kerjanya.

Jika pun ada, kata dia, tidak akan ditandatangani. Apalagi soal ketentuan seragam bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Tangerang Selatan telah tertuang dalam peraturan wali kota (perwal).

"Kan sudah ada perwal, pegawai baju putih muslimah, nggak mungkin saya keluarkan kebijakan baru," kata Andi, Sabtu (12/10/2019). Dia menegaskan bahwa surat tersebut hoaks dan sengaja diramaikan di media sosial sehingga tak perlu dilaporkan ke aparat kepolisian.

"Iya (hoaks). Nggak usah (dilaporkan), karena mungkin hanya kerjaan orang iseng," kata dia.

Kantor Camat Ciputat, Tangsel. (Foto: Okezone/Hambali).

Sementara itu Sekretaris Camat (Sekcam) Ciputat Ali Akbar justru membenarkan informasi surat tersebut. Menurutnya, surat edaran itu baru berupa draft alias belum ditandatangani. Surat itu juga bersifat imbauan.

"Mohon maaf soal edaran gamis hitam bagi pegawai perempuan di Kecamatan Ciputat, itu hanya draft dan wacana yang blm ditandatangani Pak Camat. Sifatnya juga hanya imbauan untuk khusus hari Jumat," kata Ali.

BACA JUGA: Komplotan Rampok Gasak Uang Rp10 Miliar di Kantor Jasa Sekuriti Tangsel

Dia menjelaskan, draft itu tidak jadi ditandatangani, namun sudah terlanjur menyebar di media sosial. Ali juga memastikan bahwa perintah dalam draf tidak bisa dijalankan karena berbenturan dengan imbauan wali kota yang meminta pegawai memakai pakaian atasan putih dan bawahan hitam pada Jumat.

Surat edaran itu sebelumnya membuat gaduh. Banyak warga mempertanyakan kebijakan pengenaan pakaian gamis hitam tersebut. Apalagi telah ada aturan dari wali kota mengenai ketentuan seragam dinas bagi pegawai.

Dari surat edaran yang beredar tertera keterangan Surat Perintah yang menyatakan:

"Memerintahkan kepada seluruh pegawai perempuan se-kecamatan Ciputat untuk dapat menggunakan pakaian gamis hitam setiap hari Jumat," bunyi surat itu.

Di bagian bawah tertulis keterangan bahwa surat ditetapkan di Ciputat pada 9 Oktober 2019 atas nama Camat Ciputat Andi D Patabai. Tampak jika surat belum distempel atau ditandatangani.


Editor : Zen Teguh