Warga Bambu Apus Jakarta Timur Tampung Air Hujan untuk Mencuci

Antara ยท Minggu, 27 Oktober 2019 - 20:14 WIB
Warga Bambu Apus Jakarta Timur Tampung Air Hujan untuk Mencuci

Hujan mengguyur sebagian wilayah Jakarta, Minggu (27/10/2019). (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Sebagian wilayah Jakarta, Minggu (27/10/2019) diguyur hujan. Salah satunya, wilayah Bambu Apus, Jakarta Timur diguyur hujan sejak siang hingga sore.

Warga setempat berinisiatif untuk menampung air hujan dengan alat seadanya, seperti panci, ember maupun barang serupa. Lokasi tersebut selama ini dilanda kekeringan karena kemarau panjang.

"Ada saja warga yang nampung air pas barusan hujan," ujar Ketua RT02 RW03 Bambu Apus, Adi Ismanto, di Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Dia bersyukur turun hujan dengan harapan air yang mengering di sumur warga bisa segera kembali terisi. "Kalau malam ini saya cek masih belum, mungkin airnya belum menyerap. Saya sih bersyukur hujannya lumayan deras tadi dan lama," katanya.

Nemi (42) salah satu warga Bambu Apus mengatakan, air hujan hanya cukup digunakan untuk mencuci. Dia enggan menggunakan air hujan tersebut untuk minum.

"Enggak bisa dipakai mandi, apalagi diminum, belum berani saya. Lagian cuma sedikit banget dapatnya," ucap Nemi.

Diketahui, sejumlah warga setempat belakangan ini menjadi korban kekeringan yang berlangsung sejak September 2019 akibat sumur air tanah yang hanya memiliki kedalaman 12-15 meter.

Dalam dua hari terakhir total 11.000 liter kubik air bantuan diberikan melalui produsen air swasta PT Aetra dan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur.


Editor : Kurnia Illahi