Warga Depok Diminta Waspadai Cacar Monyet

Antara ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 17:19 WIB
Warga Depok Diminta Waspadai Cacar Monyet

Seorang pasien monkeypox di Republik Demokratik Kongo saat wabah pada 1997. (FOTO: CDC / BRIAN WJ MAHY)

DEPOK, iNews.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jawa Barat, mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran penyakit monkeypox atau cacar monyet. Untuk itu, setiap warga perlu menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

“Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk pencegahan dan pengendalian virus cacar monyet agar tidak mudah menyebar,” kata Sekretaris Dinkes Kota Depok, Rani Martina, di Depok, Kamis (16/5/2019).

Dia menuturkan, penyakit monkeypox terbilang langka dan jarang terjadi di Indonesia. Hingga kini, belum ada catatan warga Depok yang terjangkit penyakit tersebut.

Rani menyarankan agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup bersih dan mengonsumsi makanan bergizi agar tidak terjangkit penyakit cacar monyet. “Untuk pencegahan, perilaku hidup bersih dan mengonsumsi makanan bergizi harus diterapkan, sehingga masyarakat tidak mudah terserang penyakit monkeypox ini,” ujarnya.

BACA JUGA:

Dinkes DKI Pastikan Belum Ada Warga Terjangkit Penyakit Cacar Monyet

Pertama Kali di Singapura, 1 Orang Kena Penyakit Langka Monkeypox

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk membatasi kontak fisik dengan orang yang terinfeksi dan menghindari bahan yang terkontaminasi virus monkeypox. Selain itu, hindari juga kontak langsung dengan tikus atau binatang primata terinfeksi serta membatasi paparan langsung.

Rani berpesan kepada masyarakat di Kota Depok untuk terus menjaga lingkungan tempat tinggal. Karena pada lingkungan yang bersih, penyebaran berbagai penyakit dapat dilakukan pencegahan. “Penerapan pola hidup bersih dan sehat dirasa dapat maksimal dalam mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit, termasuk mcacar monyet tersebut,” katanya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil