Warga Pondok Kelapa Gotong-Royong Bantu Tetangga yang Isolasi Mandiri

Okto Rizki Alpino ยท Selasa, 24 November 2020 - 12:55:00 WIB
Warga Pondok Kelapa Gotong-Royong Bantu Tetangga yang Isolasi Mandiri
Warga Isolasi Mandiri di Pondok Kelapa (Foto: Dok Pemkot Jaktim)

JAKARTA, iNews.id - Warga Pondok Kelapa RT 12/04, Duren Sawit, Jakarta Timur memberikan bantuan sembako bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Bantuan itu dikumpulkan atas inisiatif warga untuk membantu sesama.

Lurah Pondok Kelapa Siksa Leonita mengatakan, warga mengumpulkan dana secara swadaya kemudian dibelikan sembako dan diberikan kepada tetangga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

"Bantuan sembako sengaja dikumpulkan warga Kelurahan Pondok Kelapa untuk meringankan beban masyarakat," kata Siska saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (24/11/2020).

Menurut Siska langkah itu diambil karena pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka, karena dilarang untuk ke luar rumah.

"Tujuannya mencegah penyebaran Covid-19. Karena itu kita harus sediakan kebutuhan termasuk aupan makanan bergizi supaya bisa cepat sembuh dan beraktivitas kembali," ujarnya.

Sementara, Ketua RW 04 Kelurahan Pondok Kelapa Ristomo menyatakan, warga lain yang tidak sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dilibatkan dalam mengawasi kondisi pasien terkonfirmasi. Jika kondisi kesehatan pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri memburuk maka akan dilaporkan ke Puskesmas untuk mendapat pertolongan secepatnya.

"Kita bahu-membahu membantu warga yang sedang membutuhkan petolongan dan juga saling mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq