YLKI: Orang Tua Harus Awasi Anak, Jangan Sampai Bermain di Kerumunan

Wildan Catra Mulia ยท Minggu, 15 Maret 2020 - 16:30 WIB
YLKI: Orang Tua Harus Awasi Anak, Jangan Sampai Bermain di Kerumunan

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengapresiasi keputusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menutup tempat wisata dan hiburan serta meliburkan sekolah-sekolah di Ibu Kota. Organisasi itu menilai kebijakan itu sebagai salah satu cara efektif untuk mengendalikan persebaran virus korona (Covid-19) dalam negeri.

YLKI juga meminta Gubernur Anies untuk mengambil langkah lebih luas lagi, seperti menutup tempat-tempat publik lainnya. Ini mengingat potensi keterpaparan virus korona di Jakarta sekarang makin membesar.

“Kita tidak berharap Kota Jakarta dan bahkan Indonesia mengalami outbreak kasus korona, seperti di negara lain, khususnya di Italia. Sungguh besar ongkos dan dampak sosial ekonominya jika hal ini terjadi di kota Jakarta, apalagi Indonesia,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Dia juga mengatakan, langkah keputusan Gubernur Anies juga harus didukung oleh para orang tua untuk selalu memperhatikan anak-anak mereka. Dia berharap anak-anak jangan sampai justru keluar rumah dan mendatangi kerumunan di ruang publik saat diliburkan dari sekolah.

“YLKI meminta orang tua untuk mengawasi anak-anaknya agar tetap belajar di rumah, dan tidak bermain di tempat-tempat umum yang berisiko tinggi,” ujarnya.

YLKI juga meminta semua pihak harus bahu-membahu melawan virus corona. Pemerintah harus lebih transparan dan kooperatif dengan warganya, demi keselamatan bersama.

Editor : Ahmad Islamy Jamil