1 Narapidana Positif Covid-19, Keluhan Awal Sakit Jantung dan Gula

Felldy Utama ยท Senin, 11 Mei 2020 - 14:32:00 WIB
1 Narapidana Positif Covid-19, Keluhan Awal Sakit Jantung dan Gula
Ilustrasi virus corona (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyebutkan 1 narapidana positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Sebanyak 1 warga binaan tersebut berada di Lembaga Pemasyarakat (LP) Bojonegoro, Jawa Timur.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Reinhard Silitonga, mengonfirmasi hal itu dalam Rapat Kerja (Raker) virtual dengan Komisi III DPR, di Jakarta, Senin (11/5/2020). Data tersebut dimutakhirkan Minggu, 10 Mei 2020 di LP, rumah tahanan, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak seluruh Indonesia.

"Orang tanpa gejala (OTG) 40 orang, ODP 1 orang, PDP 1 orang, positif 1 orang, sembuh 0 orang dan meninggal juga kosong," katanya.

Reinhard mengungkapkan, awalnya warga binaan tersebut mengeluhkan sakit jantung dan gula. Pihak lapas kemudian merujuk ke rumah sakit. Setelah 1 bulan dirawat, baru beberapa hari lalu dinyatakan positif Covid-19.

Dia mengklaim, 1 warga binaan yang positif Covid-19 masih terbilang rendah. Kondisi tersebut tidak lepas dari dampak Kebijakan Kementerian Hukum dan HAM berupa Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 10/2020 yang membebaskan narapidana dalam pencegahan Covid-19 di lingkungan lembaga pemasyarakatan.

Sedangkan 1 narapidana yang berstatus ODP, Reinhard menyebutkan, berada di LP Cibinong, Jawa Barat. Sementara 1 orang berstatus PDP di Rumah Tahanan Pondok Bambu.

"Untuk status OTG di dalam LP ada 40 orang yaitu di LPKN Pekanbaru Riau 1 orang, Rumah Tahanan Pondok Bambu 9 orang, 1 orang di LP Sukabumi Jawa Barat, 3 orang di LP Banjar Jabar, LP Tasikmalaya 9 orang, LP Tasikmalaya 9 orang, LP Bojonegoro 6 orang, dan 2 orang di LP Pontianak," ujarnya.

Untuk petugas LP, Reinhard mengatakan, hingga saat ini belum ada yang berstatus positif maupun PDP Covid-19.

Editor : Djibril Muhammad

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda