2 Kotak Hitam Sudah Lengkap, KNKT Segera Analisis CVR Lion Air JT 610

Ilma De Sabrini ยท Senin, 14 Januari 2019 - 12:57 WIB
2 Kotak Hitam Sudah Lengkap, KNKT Segera Analisis CVR Lion Air JT 610

Tim penyelam TNI AL menunjukkan cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air JT 610 yang ditemukan di Perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (14/1/2018). (Foto: Pushidrosal)

JAKARTA, iNews.idCockpit voice recorder (CVR) milik pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat, akhir Oktober lalu, kini telah ditemukan. Dengan begitu, lengkap sudah penemuan kedua kotak hitam atau black box milik pesawat nahas tersebut, setelah dua bulan lebih proses pencarian.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono menuturkan, instansinya segera menganalisis CVR pesawat Lion Air JT 610. “Iya, CVR akan segera kami analisis. Mudah-mudahan bisa dianalisis kalau sudah sampai di tempat kami,” kata dia saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Soerjanto mengungkapkan, KNKT telah menyiapkan tim ahli untuk membaca CVR dari pesawat milik maskapai berlogo kepala singa itu. Nanti, akan ada sejumlah prosedur yang akan dilalui CVR sebelum dianalisis. Prosedur tersebut rencananya akan dijelaskan pada saat konferensi pers oleh KNKT.

BACA JUGA:

Tim Penyelam TNI AL Temukan CVR Lion Air JT 610

KRI Spica-934 Temukan CVR Lion Air JT 610 Setelah 6 Hari Beroperasi

Tim Penyelam TNI AL Temukan CVR Lion Air JT 610 Berkat Peralatan Ini


“Nanti ada protokolnya untuk membaca CVR. Kami sudah ada tim ahli khusus untuk membaca black box. Nanti, konpers kami siapkan, sedang diatur,” ujarnya.

CVR pesawat Lion Air JT 610 berhasil ditemukan pagi ini sekitar pukul 09.10 WIB oleh tim penyelam dari Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal). Alat tersebut ditemukan di kedalaman 30 meter di Perairan Karawang, Jawa Barat.

Black box atau kotak hitam pesawat terdiri atas dua bagian yaitu FDR (flight data recorder) dan CVR. Di dalam FDR terdapat semua data instrumen yang ada di pesawat. Sementara, CVR menyimpan data suara dari kokpit pesawat. Dalam kasus insiden Lion Air JT 610, tim SAR gabungan lebih dulu menemukan FDR dari pesawat nahas tersebut pada awal November 2018 atau beberapa hari setelah kecelakaan.


Editor : Ahmad Islamy Jamil