3.000 Polisi Amankan Laga Pamungkas Persija, Polda-Jakmania Koordinasi

Antara, Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 09:39 WIB
3.000 Polisi Amankan Laga Pamungkas Persija, Polda-Jakmania Koordinasi

Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Jakmania jelang laga pamungkas Persija Jakarta kontra Mitra Kukar, di SU GBK, Minggu (9/12/2018).

JAKARTA, iNews.id - Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menurunkan 3.000 personel pengamanan. Hal itu terkait laga pamungkas penentuan juara antara Persija Jakarta vs Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Minggu (9/12/2018).

"Kita kerahkan 3.000 lebih personel gabungan nanti (Minggu) akan amankan, jalankan, jalannya pertandingan tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Jumat (7/12/2018).

Sebagaian dari personel tersebut, dia mengatakan, akan disiapkan untuk memberikan pengamanan khusus kepada tim tamu yakni Mitra Kukar.

"Juga ada pengamanan jalur hotel tim Mitra Kukar, kita kawal sampai Stadion Utama Gelora Bung Karno, dan sebaliknya," ujar Argo.

BACA JUGA: Dukung Persija Juara, Anies Siapkan Nobar di Seluruh Kantor Kelurahan

Dia menjelaskan, nantinya prajurit keamanan akan disiagakan di beberapa titik di sekitar stadion dan di luar stadion GBK. "Anggota juga ditempatkan di sekitar stadion, termasuk lingkaran dan pintu masuk Gelora Bung Karno dan di sekitar stadion. Ada empat ring di sana kita libatkan semua," katanya mengungkapkan.

Sedangkan untuk mengatisipasi adanya kemacetan parah pada partai final tersebut, dia menambahkan, pihaknya akan melakukan pengalihan arus di sekitar SUGBK. Kendati begitu, dia mengaku, hal tersebut hanya bersifat kondisional melihat situasi di lapangan.

"Kalau kita harus alihkan ya alihkan, kalau tidak ya kita contra flow, atau buka tutup. Teknis dan taktis di lapangan nanti Dirlantas (Direktur Lalu Lintas) yang akan melaksanakan di lapangan," ujar Argo.

Dia berharap pendukung tuan rumah Jakmania bisa menjadi contoh sebagai suporter yang menjunjung etika dalam laga penentuan juara bagi Persija ini.

"Misalnya menang, jangan euforia berlebihan dan kalau kalah juga jangan melakukan kegiatan yang tidak diperbolehkan aturan," kata Argo seraya menyarankan.


Editor : Djibril Muhammad

Halaman : 1 2