5 Berita Terpopuler Hari Ini: Gempa Besar di Malang Bisa Berulang 20-30 Tahun

Tika Vidya Utami ยท Senin, 12 April 2021 - 20:30:00 WIB
5 Berita Terpopuler Hari Ini: Gempa Besar di Malang Bisa Berulang 20-30 Tahun
Sejumlah anggota TNI-Polri bergotong rotong membersihkan puing-puing bangunan rumah warga yang roboh akibat gempa bermagnitudo 6,1 di Malang, Jatim. (Foto: MNC Portal/Avirista Midaada)

JAKARTA, iNews.id Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021) lalu. Getaran gempa dirasakan di berbagai daerah di pesisir selatan Jawa Timur.

Gempa tektonik besar ini menjadikan ribuan bangunan rusak berat dan ringan. Sedikitnya delapan orang meninggal dunia. Pakar Kebencanaan dari Universitas Brawijaya Adi Susilo menyebut potensi gempa ini dapat berulang dengan periodesasi 20-30 tahun.

Analisis kegempaan ini menjadi salah satu berita terpopuler di portal berita iNews.id, Senin (12/4/2021). Berbagai peristiwa menarik lainnya juga menjadi perhatian pembaca.

Bagi pembaca yang tak sempat mengikuti keseluruhan berita, iNews.id merangkum 5 berita terpopuler hari ini:

1. Heboh Warga Tionghoa Meninggal di Depan Bank

Seorang laki-laki warga keturunan Tionghoa jatuh dan meninggal di halaman depan salah satu bank swasta di Jalan Merdeka, Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara, Senin (12/4/2021) siang. Warga tak berani mendekat dan menunggu petugas datang lantaran khawatir korban terpapar Covid-19.

Pantauan iNews di lokasi kejadian, tampak korban terbaring dalam posisi telentang dengan tangan ke atas. Menurut Ali Akbar, warga sekitar, sebelum ambruk dan meninggal pria tersebut tampak berjalan sempoyongan. 

2. Siti Badria Diejek Lesti Kejora, Lucinta Luna Murka

Sidang Lucinta Luna di PN Jakbar (Foto: Sindo/Yan Yusuf)

Lucinta Luna ikut buka suara ketika sahabatnya, Siti Badriah, disebut sebagai penyanyi dangdut dengan suara terjelek oleh Lesti Kejora. Hal itu diungkapkan Lesti saat dia menjadi bintang tamu di kanal YouTube Boy William.

Saat itu, Lesti diminta Boy untuk mengurutkan nama penyanyi dangdut yang mempunyai suara paling merdu sampai ke terjelek. Ada lima nama artis yang diminta Boy untuk diurutkan. Di antaranya Ayu Ting Ting, Cita Citata, Siti Badriah, Via Vallen hingga Nella Kharisma.

Lesti lantas menempatkan Sibad di urutan paling buncit. Sebagai seorang sahabat, Lucinta ikut membela Sibad dan menyindir Lesti. “Oh, cakep lu ya? Cakep lu ya bilang ade gue suaranya paling jelek? Heh! Punya kaca enggak?” kata Lucinta Luna seperti dikutip dari Instagram Story-nya, Senin (12/4/2021).

3. China Pertimbangkan Campur Vaksin Covid-19

Ilustrasi vaksin. (Foto: Ist)

Pejabat China mempertimbangkan  untuk mencampur vaksin Covid-19. Hal ini dilakukan China setelah mengakui rendahnya efektivitas produk mereka dibandingkan buatan luar negeri.  Efektivitas vaksin China, yaitu Sinovac dan Sinopharm tertinggal oleh Pfizer, Moderna buatan Amerika Serikat. 

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, Gao Fu, akan mengambil langkah lain untuk mengoptimalkan kemanjuran vaksin, seperti mengubah jumlah dosis serta menentukan jeda waktu yang tepat antara suntikan pertama dan kedua.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2