7 Fakta Pertemuan Jokowi-Prabowo, Nomor 5 Mengejutkan

Ilma De Sabrini ยท Minggu, 14 Juli 2019 - 12:02 WIB
7 Fakta Pertemuan Jokowi-Prabowo, Nomor 5 Mengejutkan

Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Capres 2019 Prabowo Subianto bertemu Presiden terpilih Pilpres 2019 Joko Widodo (Jokowi), di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019) pagi. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Capres 2019 Prabowo Subianto bertemu untuk pertama kalinya dengan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (13/7/2019) pagi . Pertemuan dilaksanakan di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Prabowo yang tiba lebih dulu kemudian menyambut dan menyalami Jokowi pukul 10.11 WIB. Keduanya lantas bergandengan tangan masuk ke MRT dengan rute perjalanan menuju Senayan.

Pertemuan Jokowi-Prabowo menyita perhatian luas karena memiliki pendukung yang loyal. Selain itu pertemuan kedua tokoh nasional ini sudah lama menjadi wacana publik terlepas dari kontroversi yang melatarbelakanginya untuk menolak maupun mendukung terwujudnya pertemuan tersebut.

Ada 7 fakta yang bisa disimak dari pertemuan Jokowi-Prabowo:

1. Pertemuan di Stasiun MRT Lebak Bulus ide Jokowi

Publik tidak menyangka pertemuan kedua tokoh bangsa dilakukan di tempat umum, transportasi massal. Stasiun MRT Lebak Bulus menjadi pilihan pertemuan atas ide Jokowi.

Jokowi memilih lokasi itu karena tahu Prabowo belum pernah naik MRT. Selain itu MRT merupakan salah satu kebanggan yang dimiliki Indonesia. "Beliau tahu saya belum pernah naik MRT," ujar Prabowo.

2. Masyarakat Antusias sambut Jokowi-Prabowo di Stasiun MRT Lebak Bulus

Pertemuan antara Jokowi dan Prabowo mendapat sambutan meriah dari warga di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Momen bersejarah itu direspons positif oleh masyarakat.

Teriakkan warga menyambut kedatangan Jokowi saat tiba sekitar pukul 10.11 WIB di Stasiun MRT Lebak Bulus. Kedatangannya disambut oleh Prabowo. Keduanya langsung bersalaman, bertegur sapa, saling tertawa lepas dan tersenyum lebar.

Masyarakat pun berteriak gembira melihat keduanya. Bahkan dari keramaian warga di Stasiun MRT Lebak Bulus, sempat terdengar teriakan “I love you bapak berdua”. Selain itu teriakan “we love you” juga bergema untuk Jokowi dan Prabowo.

Masyarakat memang telah lama menantikan pertemuan keduanya untuk mencairkan ketegangan yang terjadi selama pra dan pasca-pilpres. Pertemuan ini juga diyakini bisa membuat kedua para pendukung yang selama ini terpecah kembali berdamai.

3. Jokowi dan Prabowo kompak gunakan kostum warna putih

Pertemuan di Stasiun Lebak Bulus merupakan pertama kedua tokoh tersebut usai Pilpres 2019. Keduanya tampak kompak mengenakan kostum warna putih.

Jokowi tampil dengan ciri khasnya, yaitu spatu kets. Prabowo juga dengan ciri khasnya kostum dilengkapi aksesoris dua kantong di depan.

 

 

4. Pertemuan berlangsung hangat dan akrab

Tawa kedua tokoh bangsa itu tidak dapat disembunyikan saat bertemu. Bahkan, Prabowo yang tiba lebih dulu keluar dari ruang VIP Stasiun menyambut kedatangan Jokowi yang datang belakangan.

Prabowo tampak menggenggam erat tangan Jokowi, sementara tangan satu lagi menepuk punggung Jokowi yang semakin memperlihatkan suasana keakraban. Keduanya kemudian memasuki rangkaian MRT dengan rute menuju Senayan.

5. Ucapan selamat Prabowo kepada Jokowi yang ditunggu-tunggu.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo memenuhi harapan masyarakat yang telah lama rindu dengan perdamaian di negara ini. Stasiun MRT, Jakarta, Sabtu (13/7/2019) pagi menjadi saksi harapan tersebut.

Bahkan, Prabowo Subianto akhirnya mengucapkan selamat atas kemenangan Presiden terpilih Jokowi. Pernyataan yang selama ini ditunggu-tunggu oleh masyarakat, terutama yang mendukung Jokowi pada Pilpres 2019.

Tak hanya itu, Prabowo pun sempat bercanda, membuat suasana semakin cair. Masyarakat kian berteriak gembira memberikan dukungan kepada keduanya di Stasiun MRT.

“Saya juga ucapkan selamat tambah rambut putih Pak. Saudara-saudara, menjadi presiden itu adalah mengabdi, jadi masalah yang beliau pikul besar. Kami siap membantu kalau diperlukan Pak, untuk kepentingan rakyat. Tapi, kalau kami juga minta maaf Pak kalau kami mengkritisi Bapak sekali-sekali, kan demokrasi butuh suatu check and balance,” kata Prabowo.

6. Pertama kali Prabowo naik MRT

Pertemuan dengan Jokowi di Satsiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan berkesan bagi Prabowo. Sebab, barui kali ini dia merasakan transportasi massal MRT yang menjadi salah satu kebanggan milik Indonesia.

Kesan pertama menaiki MRT, Prabowo merasa takjub. "Rasanya seperti di luar negeri," kata Prabowo.

7. Jokowi minta Cebong dan Kampret diakhiri

Jokowi berharap pertemuannya dengan Prabowo mampu mempersatukan masyarakat Indonesia sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Pasca-Pilpres 2019 sudah saatnya kedua kubu pendukung bersatu. Jangan ada lagi pengotak-kotakan cebong dan kampret.

Menurutnya, kontestasi di Pilpres 2019 sangat keras, namun kini pilpres telah usai. Keduanya telah menggelar silaturahmi yang sejak lama direncanakan, di Stasiun MRT.

“Kita berharap para pendukung juga melakukan hal sama karena kita adalah saudara sebangsa setanah air, tidak ada lagi yang namanya 01 dan 02. Tidak ada lagi yang namanya cebong, tidak ada lagi yang namanya kampret. Yang ada adalah Garuda Pancasila,” kata Jokowi.


Editor : Kurnia Illahi