7 Persen Pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet Mengaku Tak Pernah Keluar Rumah

Binti Mufarida ยท Sabtu, 19 September 2020 - 14:03 WIB
7 Persen Pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet Mengaku Tak Pernah Keluar Rumah

Ilustrasi Virus Corona (foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Penularan virus Corona atau Covid-19 sangat masif. Orang dengan mobilitas rendah juga bisa terkena virus Corona.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan sebanyak tujuh persen pasien yang saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet adalah mereka yang tidak pernah keluar dari rumah. Penularan terjadi antara manusia dengan manusia.

"Termasuk juga program-program di rumah saja, ternyata tidak menjamin seseorang tidak terpapar Covid. Apa buktinya? tujuh persen pasien yang sekarang dirawat di rumah sakit Wisma Atlet adalah mereka yang tidak pernah keluar rumah,” katanya dalam Webinar Nasional ‘Dokterku Sayang, Dokterku Berjuang’ secara virtual, Sabtu (19/9/2020).

Data-data dan pengalaman penanganan Covid-19 selama ini, menurut Doni, harus menyadarkan semua penanganan Covid-19 itu bukanlah urusan kesehatan semata.

“Ini adalah urusan kemanusiaan. Ketika kita bisa menyentuh aspek kemanusiaan dan kita bisa meningkatkan kesadaran kolektif maka disinilah kita bisa memutus mata rantai penularan atau juga bisa mengurangi proses penularan itu,” kata.

Doni menjelaskan saat ini harus ada perubahan strategi dalam penanganan Covid-19. Salah satunya adalah menjadikan komunitas sebagai garda terdepan.

“Jadi harus kita lakukan semua perubahan strategi yang jadi ujung tombak, yang jadi garda terdepan adalah komunitas. Saya tidak meragukan kemampuan para dokter, perjuangan dokter luar biasa termasuk di Tanah Air kita, "kata Doni.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq