9 Ketua Umum Parpol Hadiri Pidato Kenegaraan Presiden, Ini Daftarnya

Kiswondari · Selasa, 16 Agustus 2022 - 10:32:00 WIB
9 Ketua Umum Parpol Hadiri Pidato Kenegaraan Presiden, Ini Daftarnya
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD dan Pidato Kenegaraan Presiden RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sembilan ketua umum (ketum) partai politik yang duduk di DPR menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD dan Pidato Kenegaraan Presiden RI di Ruang Rapat Paripurna MPR, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Acara ini merupakan rangkaian HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Bukan hanya ketum parpol yang menjabat sebagai pimpinan lembaga negara dan juga menteri, ketum parpol yang di luar pemerintahan juga turut hadir dalam acara kenegaraan tahunan tersebut. Sembilan nama ketum tersebut disebutkan dalam pembukaan sambutan Ketua MPR, Bambang Soesatyo.

Rangkaian sidang tahunan dan pidato kenegaraan Presiden dimulai pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.27 WIB. Setelah sambutan Ketua MPR, acara akan dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR dan DPD oleh Ketua DPR Puan Maharani, disambung pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Setelahnya ada pembacaan doa oleh Nasaruddin Umar selaku Imam Besar Masjid Istiqlal, Penutupan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR serta DPD oleh Ketua DPR. Ditutup dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diiringi Gita Bahana Nusantara. Pada pukul 11.27 WIB Presiden, Wakil Presiden, Ketua MPR, Ketua DPR, dan Ketua DPD meninggalkan Ruang Sidang Paripurna.

Berikut daftar ketua umum parpol yang hadir:

1. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, 

2. Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, 

3. Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, 

4. Ketum Partai Nasdem Surya Paloh, 

5. Ketum PKB Muhaimin Iskandar,

6. Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, 

7. Presiden PKS Ahmad Syaikhu,

8. Ketum PAN Zulkifli Hasan,

9. Ketum PPP Suharso Monoarfa.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda