Achmad Yurianto: Positif Covid-19 di Beberapa Provinsi Turun 50 Persen

Felldy Utama ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 16:35 WIB
Achmad Yurianto: Positif Covid-19 di Beberapa Provinsi Turun 50 Persen

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id – Grafik penularan virus corona atau Covid-19 di Indonesia masih naik-turun. Sebaran di berbagai daerah juga bervariasi. Ada wilayah yang mulai melandai, namun daerah lainnya tetap menunjukkan peningkatan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, berdasarkan pemeriksaan spesimen kemarin hingga hari ini, terdapat beberapa daerah yang tidak menunjukkan penambahan kasus baru. Daerah tersebut yakni Aceh, Bangka Belitung, dan Jambi.

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. Menurut Yurit, ada pula beberapa daerah yang penambahan kasus positif berkisar 1-3 orang, antara lain Bengkulu (+1), Sulawesi Tenggara (+1), Kepulauan Riau (+3), DI Yogyakarta (+2), dan Gorontalo (+3).

“Beberapa provinsi sudah mengalami penurunan 50 persen dari puncak yang pernah didapatkan,” kata Yuri dalam konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Atas dasar itu, kata dia, pemerintah akan melakukan kajian di tiap provinsi dan kabupaten/kota untuk menentukan skenario kenormalam baru. Pemerintah ingin masyarakat dapat tetap produktif, namun aman dari Covid-19.

Yuri menegaskan, sampai saat ini kasus positif Covid-19 mencapai 25. 216 orang atau bertambah 687 dibandingkan hari sebelumnya. Namun jumlah kasus positif ini tidak berarti terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

“Sebanyak 414 kabupaten/kota yang terdampak pada 34 provinsi,” ucapnya.

Editor : Zen Teguh