Ada Demo di DPR, Ganjil Genap Kembali Ditiadakan

Felldy Utama, Wildan Catra Mulia ยท Senin, 30 September 2019 - 19:01 WIB
Ada Demo di DPR, Ganjil Genap Kembali Ditiadakan

Massa pendemo kembali menduduki Tol Dalam Kota di depan Gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019). (Foto: Antara/Reno Esnir).

JAKARTA, iNews.id – Aksi demonstrasi mahasiswa dan pelajar kembali terjadi di kawasan Gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta. Imbas aksi massa tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali meniadakan kebijakan ganjil genap yang semestinya berlaku hingga pukul 21.00 WIB.

”17.22 Untuk Ganjil-Genap hari ini Senin sore, 30 September 2019 TIDAK DIBERLAKUKAN," bunyi keterangan Polda Metro Jaya melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro, Senin (30/9/2019).

Kebijakan ganjil genap sebelumnya juga ditiadakan saat aksi demonstrasi mahasiswa menentang Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Selasa (24/9/2019).

Diskresi meniadakan ganjil genap karena situasi yang tidak memungkinkan. Hingga petang ini, massa menduduki Tol Dalam Kota.

Imbas demo, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga mengalihkan lalu lintas menuju Kompleks Parlemen, Jakarta. Pengalihan arus lalu lintas dilakukan karena ribuan mahasiswa dari berbagai Universitas mulai menuju depan Gedung DPR/MPR.

Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Irra Susiyanti mengatakan, saat ini ribuan massa sudah memblokade tol di kedua arah, baik dari Cawang menuju Tomang, maupun sebaliknya Tomang menuju Cawang.

Di belakang Gedung DPR, aksi demonstrasi diwarnai kerusuhan. Sejumlah demonstran melemparkan batu ke arah polisi. Sempat bertahan dari hujan batu, polisi akhirnya memukul mundur demonstran dengan menembakkan gas air mata.

Tembakan tersebut ternyata tak membuat para demonstran ini takut, mereka tetap melemparkan batu hingga kembang api ke arah polisi. Kendaraan pengurai massa langsung diarahkan ke massa dengan menyemprot water cannon.

Editor : Zen Teguh